Ketika Jakarta Akan Disulap Jadi New York

Hairunnisa, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 05:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 14 470 2129896 ketika-jakarta-akan-disulap-jadi-new-york-SrbdIiaNcZ.jpg Jakarta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Hal ini diungkapkan mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Andrinof Chaniago.

"Salah satu rekomendasi sejak 2008 itu memindahkan ibu kota ke Kalimantan,” jelas Andrinof.

Menurutnya, Pulau Jawa tidak bisa menampung masyarakat yang membludak. "Jawa tidak akan bisa lagi menampung manusia yang sudah penuh, banjir, kemacetan. Itu menunjukkan ada persoalan struktural yang harus dicari solusinya. Maka biarkan Jakarta jadi kota bisnis seperti New York di Amerika saja," tukasnya.

Tanah di Pulau Jawa kurang subur, beda dengan kualitas tanah Kalimantan. "Lahan yang subur di Jawa ini harus dihemat, biar enggak digerus mulu. Di Kalimantan banyak lahan kosong,” ujar Andrinof.

Namun, dia mengaku bingung memilih ibu kota baru di Kalimantan. β€œKita minta rekomendasi kota lain yang lebih layak,” tutupnya.

Baca Selengkapnya: Pemindahan Ibu Kota, Jakarta Dirancang seperti New York

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini