Tips Sukses Ala Richard Branson, Nikmati Apa yang Kamu Mulai!

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 15 320 2130243 tips-sukses-ala-richard-branson-nikmati-apa-yang-kamu-mulai-2M0F0JSg5M.jpg Richard Branson. (Foto: Okezone.com/Dok.Inc)

JAKARTA – Membangun sebuah bisnis sukses itu sulit. Setiap pengusaha harus menyusun puzzle dengan sebuah pengorbanan dan prioritas dalam bersaing.

Ada banyak masukan yang bisa jadi pedoman untuk memulai bisnis, tetapi tidak ada yang bisa memberi tahu bagaimana membuat bisnis menjadi sukses besar. Kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan, salah satunya akibat salah langkah bisa diantisipasi dengan kerja keras.

Jika ada orang di luar sana yang berhasil memperbaiki dasar-dasar dalam berwirausaha, itu adalah Sir Richard Branson. Pengusaha itu telah sukses besar dalam segala hal, mulai dari perbankan hingga pariwisata ruang angkasa.

Baca Juga: Tips Agar Dagangan Viral di Media Sosial

Di blog-nya baru-baru ini, dia membagikan lima cara agar sukses dalam berwirausaha, apa pun jenis bisnis yang dibangun.

1. Buat sesuatu yang bermanfaat.

Ini sudah jelas, tetapi Branson bukan satu-satunya calon pengusaha yang memperingatkan bahwa kesalahan mereka yang paling sering terjadi adalah membuat sesuatu yang tidak dibutuhkan orang. Pendiri Y Combinator, Paul Graham, misalnya, menyarankan untuk tidak melakukan brainstorming ide-ide startup demi menjadikannya besar.

Tips Memulai Bisnis

"Bayangkan salah satu karakter di acara TV memulai startup. Para penulis harus menemukan sesuatu untuk dilakukan. Namun, membuat ide startup yang bagus itu sulit. Itu bukan sesuatu yang dapat kamu tanya. Jadi, para penulis akan datang dengan ide yang terdengar masuk akal, tetapi sebenarnya buruk," tulisnya yang dilansir dari inc.com pada Sabtu (16/11/2019).

Memiliki pemikiran seperti "Saya ingin membangun startup" sebagai titik awalmu, mungkin kamu akan melakukan hal yang sama. Branson mencoba untuk mengarahkan calon wirausahawan di sekitar perangkap yang sama dengan menyarankan mereka fokus pada dampaknya, bukan kesuksesan.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Jualan via Sosmed, dari Gratisan hingga Berbayar

"Di atas segalanya, kamu tidak boleh masuk ke bisnis semata-mata karena alasan keuangan. Menjalankan perusahaan melibatkan waktu yang lama dan keputusan sulit, jika kamu tidak memiliki alasan yang lebih baik daripada membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup, bisnismu kemungkinan besar akan gagal, seperti banyak bisnis baru yang bernasib sama," ujarnya.

2. Miliki pesan sederhana

Strategi pemasaran bisa menjadi rumit, tetapi Branson menegaskan bahwa dalam mempromosikan produk haruslah sederhana.

"Pelanggan tidak hanya berbelanja untuk merek dan produknya, tetapi juga mengidentifikasi dengan nilai-nilai intinya. Tanyakan pada diri sendiri, mengapa saya memulai bisnis ini? Jujur ini akan membantumu membangun nilai dan bentuk yang otentik. Kemudian hancurkan pesan menjadi sesuatu yang sederhana," tuturnya.

3. Pasarkan dirimu

Setidaknya tanpa pemasaran yang memadai, pembeli tidak akan dating. Itu tidak selalu berarti menghabiskan banyak uang, tetapi itu membutuhkan kemauan untuk menempatkan diri agar dunia dapat mengetahui pesanmu.

"Mentor saya, Sir Freddie Laker, seorang lelaki yang memulai sebuah perusahaan untuk menantang British Airways, memberi saya beberapa nasihat yang tak ternilai ketika saya memulai Virgin Atlantic," kenang Branson.

"Mengetahui bahwa kami tidak dapat menyamai maskapai penerbangan yang lebih mapan dalam hal anggaran pemasaran, ia mendorong saya untuk mendorong publisitas sendiri seperti gunakan dirimu sendiri. Buatlah dirimu bodoh. Kalau tidak, kamu tidak akan selamat. Saya menuruti nasihatnya, dan saya memikirkan cara-cara yang menyenangkan untuk menonjol dari kerumunan dan menarik perhatian media kepada perusahaan kami sejak saat itu," tambahnya.

4. Manfaatkan media sosial

Membuat tontonan tentang dirimu mungkin seperti pedagang pasar pertama yang berteriak-teriak di sekitar untuk menjual lebih banyak sayuran, tetapi belakangan ini jenis keramaian ini paling baik dilakukan melalui cara yang lebih canggih.

"Media sosial tidak hanya lebih hemat daripada iklan, tetapi juga menawarkan peluang besar untuk keterlibatan inovatif dengan para pelanggan," klaim Branson.

Namun, ini terjadi hanya jika kamu melakukan hak sosial."Dalam pengalaman saya, menjual produk melalui media sosial tidak selalu berhasil. Lebih baik berkomunikasi dengan pelangganmu dengan cara yang otentik. Ketika kamu membangun profil online yang dapat diidentifikasi dan dipercaya oleh orang, kamu menemukan bahwa mereka akan menjadi pelanggan," sarannya.

5. Nikmati apa yang kamu lakukan

Menyukai pekerjaanmu tentu saja penting untuk kebahagiaan. Namun, Branson dan para sains setuju bahwa kamu juga mungkin jauh lebih berhasil secara profesional jika kamu menikmati waktu di kantor setiap hari. "Jika kamu benar-benar mencintai dan percaya pada apa yang kamu lakukan, orang lain akan memperhatikan dan berbagi antusiasme denganmu," katanya.

Itulah sebabnya ia juga menyatakan, "Jika kamu menemukan bahwa ketertarikanmu menghilang, saatnya untuk melakukan perubahan - beralih dari operasi ke manajemen, beralihlah, berekspansi ke wilayah baru, apa pun yang menarik minatmu. Untuk menemukan kesuksesan, kamu perlu berkomitmen penuh atau karyamu yang akan menunjukkannya,” ujarnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini