nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Naik Jadi Rp14 Juta, Tiket Labuan Bajo Ternyata Cuma Segini

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 16:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 15 320 2130377 sebelum-naik-jadi-rp14-juta-tiket-labuan-bajo-ternyata-cuma-segini-AvheqGNw1y.jpeg Labuan Bajo (Foto: Okezone.com/Dani)

LABUAN BAJO - Harga tiket Pulau Komodo direncanakan sebesar USD1.000 atau setara Rp14 juta per orang dengan konsep membership. Konsep ini akan mulai dibahas pada awal Januari 2020.

Kepala Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo Flores Shana Fatina mengatakan, untuk saat ini harga tiket ke Pulau Komodo cukup terjangkau dengan dua golongan yakni wisawatan nusantara (wisnus) dan wisatawan asing (wisman).

Baca Juga: Deretan Infrastruktur Labuan Bajo yang Dibangun Jokowi, Nilainya Fantastis

"Wisnus Rp75.000 per hari, wisman Rp250.000 per hari. Itu setelah direkap terdiri dari tiket ranger (pemandu) dan lain-lain," kata Shana di Labuan Bajo, Jumat (15/11/2019).

Saat ini wisman terbanyak yang mengunjungi Pulau Komodo berasal dari Prancis dan China.

komodo

Namun, Shana menekankan, tiket Rp14 juta itu masih sekadar usulan dan belum ditetapkan dengan pihak terkait.

"Kalau USD1.000 kan buat membership ya. Ada yang non membership juga buat yang biasa. Untuk biaya member domestiknya kita juga belum tahu, sebab konsepnya belum disepakati," ujarnya.

Baca Juga: Masuk Pulau Komodo Bayar Rp14 Juta Diterapkan pada 2021?

Menurut Shana, penghitungan biaya pemeliharaan dan penataan pulau Komodo akan dilakukan sesuai dengan standar pengelolaan taman kelas dunia. Estimasi dari pihaknya mencapai Rp129 miliar.

"Itu estimasi, sekarang sementara kita kan mau kelas dunia. Makanya tahun depan stepnya mulai identifikasi berapa sih biayanya, termasuk sumber pendanaan, pembagiannya berapa. Berapa ke pusat dan daerah, sebab selama ini kalau PNBP kan masuknya ke pusat aja, sementara masyarakat minta, daerah minta, dan pemerintah provinsi minta," katanya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini