nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pahami Tujuan Investasi untuk Masa Depan Cerah

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Minggu 17 November 2019 05:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 16 320 2130758 pahami-tujuan-investasi-untuk-masa-depan-cerah-EYTvGM3BhZ.jpg Investasi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Berinvestasi berarti membeli atau memiliki sebuah produk investasi untuk memperoleh pendapatan tambahan di luar pendapatan dari usaha pokok atau penghasilan tetap.

Tujuan dalam berinvestasi yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungannya tidak terasa saat itu juga, tetapi untuk masa depan.

Hasil daril keuntungan tersebut bisa berbeda-beda, tergantung dari investor. Maka dari itu, kita perlu memahami tujuan spesifik yang diinginkan di masa depan sebelum berinvestasi.

Hal ini akan menjadi acuan dalam memilih produk investasi yang cocok untuk kita. Selain itu, tujuan investasi akan menentukan jangka waktu investasi, mulai dari jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang. Kebutuhan jangka pendek, misalnya, untuk biaya melahirkan.

Jangka menengah, misalnya, rencana membeli mobil tiga tahun kemudian. Lalu, rencana jangka panjang misalnya untuk biaya sekolah anak, atau rencana apapun yang jangka waktunya di atas lima tahun. Kita harus mengetahui betul tujuan investasi juntuk apa. Hal ini juga berlaku di pasar modal.

Calon investor dapat memilih produk investasi di pasar modal yang sesuai untuk kebutuhan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Produk investasi pasar modal yang utama terdiri atas saham, obligasi dan reksa dana.

Baca Selengkapnya: Apa Tujuan Investasi Anda?

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini