nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Crazy Rich Asians Nyata, Buktinya 5 Miliarder Ini!

Hairunnisa, Jurnalis · Senin 18 November 2019 15:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 18 320 2131300 crazy-rich-asians-nyata-buktinya-5-miliarder-ini-Wa2NhsxHrx.jpg Ilustrasi Orang Kaya (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Apa kalian pernah menontoh film Crazy Rich Asians? Jika kalian pernah menonton film ini, apa kalian pernah berpikir kalau kisah ini nyata? Ternyata ada 5 Crazy Rich Asians yang inspiratif dan boros.

Berikut ini adalah para Miliarder Asia, seperti yang dilansir dari series.scmp.com, Senin (18/11/2019).

1. Miliarder Tiongkok Gong Hongjia

Miliarder yang berusia 54 tahun ini telah berwirausaha dalam berbagai bidang. Pria ini terkenal sebagai Wakil Ketua Perusahaan China Hangzhou Hikvision Digital Technology, sebuah perusahaan pemasok produk kamera pengawas (CCTV) terbesar di dunia yang didirikan sejak tahun 2001.

Baca juga: 3 Karakter Seorang Miliarder, Ternyata Tak Hanya Faktor Kecerdasan

Gong memperoleh sebagian besar kekayaannya dari investasinya di Hikvision. Bahkan penjara di Prancis Lille-Annoeullin dan taman hiburan Universal Studios di Orlando, Florida, dikatakan dilengkapi dengan kamera keamanan perusahaan Cina.

Hikvision baru-baru ini mengumumkan hasil keuangannya untuk paruh pertama tahun 2019. Hikvision melaporkan total pendapatan operasional sebesar 23,92 miliar yuan atau sekitar Rp48 triliun (dengan kurs Rp2.007) yang selalu mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 14,60%.

Hari ini Gong memegang 16 persen saham di perusahaan, menjadikannya pemegang saham terbesar kedua.Pemegang saham terbesar keempat yang ada di Xinjiang Fukang Investment, yang sebagian besar dikendalikan oleh istri Gong, Chen Chunmei. Pasangan ini telah dikaruniai oleh dua anak perempuan.

orang kaya

2. Zhang Yong

Miliarder Zhang Yong, pendiri restoran waralaba hotpot Sichuan, Haidilao. Zhang Young sebelumnya masuk dalam daftar orang terkaya Tiongkok. Sekarang, pebisnis China berusia 50 tahun ini telah menempati daftar 50 terkaya di Singapura tahun 2019, diterbitkan oleh Forbes Asia.

Setelah menjadi warga Negara Singapura, ia telah memilki kekayaan bersih sebesar USD12 miliar atau sekitar Rp169 triliun (dalam kurs Rp14.028). Investasi sahamnya yang berada di bursa Hong Kong tahun lalu juga membantu meningkatkan kekayaan pribadinya sampai sekarang.

3. Ding Lei

Pria ini dikenal dengan nama William Ding telah menjadi seorang pendiri game berbasis online, selain itu, juga memiliki peternakan babi. Pengusaha yang lahir di Ningbo, Zhejiang ini, memiliki kekayaan yang bernilai USD16,8 miliar atau sekitar Rp235 triliun.

Ding menjadi oran terkaya di China sebagai pengusaha game online pertama di Negara tersebut. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2003 hanya memiliki kekayaan USD2,95 atau sekitar Rp41 triliun.

Pris yang berusia 47 tahun ini telah menjadi Pendiri sekaligus kepala eksekutif NetEase, salah satu bisnis game online dan mobile terbesar di dunia, dan ditempatkan di peringkat 74 dalam daftar "Real-Time Billionaires" menurut Forbes.

mukesh

4. Mukesh Ambani

Sebuah keluarga asal India ini memiliki harta kekayaan USD50 miliar atau sekitar Rp701 triliun. Kekayaannya ini bisa menobatkannya sebagai orang terkaya di Asia. Mereka tidak pernah ragu untuk memamerkan kekayaan mereka. Dari rumah yang indah hingga sumbangan amal yang mengesankan, keluarga Ambanis memanfaatkan kekayaan mereka sebaik-baiknya. Begini cara mereka membelanjakan uang mereka.

Keluarga ini selalu membeli rumah dengan harga yang fantastis, mobil-mobil mahal, dan juga upacara pernikahan putrinya yang sangat mengeluarkan biaya yang fantastis yaitu seharga USD100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun. Upacara ini menghadirkan Beyoncé, Nick Jonas dan istrinya Priyanka Chopra, dan selebritas lainnya. Itu tidak termasuk pesta pertunangan dan upacara pra-pernikahan yang diselenggarakan oleh Ambanis.

Baca juga: Bill Gates Jadi Paling Tajir, Ini 10 Orang Terkaya di Dunia

5. Miliarder dari Jepang Tadashi Yanai

Salah satu orang terkaya di Jepang ini, terkenal di seluruh dunia untuk perusahaan pakaian Uniqlo. Pria berusia 70 tahun itu, yang suka mulai bekerja pada pukul 7 pagi dan pulang pukul 4 sore, diperkirakan bernilai USD24,8 miliar atau sekitar Rp348 triliun, menurut laporan Bloomberg.

Kekayaannya diperoleh dari posisinya sebagai ketua, presiden dan pemegang saham terbesar Fast Retailing, sebuah perusahaan pengecer pakaian terbesar di Asia, yang merupakan perusahaan induk dari Uniqlo.

Yanai, putra seorang penjahit, membuka toko Uniqlo pertama pada tahun 1984 dan telah memperluas merek ke lebih dari 2.000 toko setidaknya di 20 negara.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini