Share

Presiden Jokowi: Orang-Orang Kaya Berasal dari Pertambangan

Giri Hartomo, Okezone · Rabu 20 November 2019 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 20 320 2132419 presiden-jokowi-orang-orang-kaya-berasal-dari-pertambangan-isKSkMJW4M.jpg Jokowi di PLN (Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyebut sektor pertambangan merupakan lumbung bagi orang-orang kaya. Banyak orang kaya di dunia berasal dari sektor pertambangan

Begitupun yang terjadi di Indonesia, di mana beberapa konglomerat berasal dari pengusaha pertambangan. Perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia pun masih banyak yang dikuasai oleh sektor pertambangan.

 Baca juga: Jika Tak Dilarang, Cadangan Nikel RI Akan Habis 7 Tahun Lagi

Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan batu bara untuk sektor energi di dalam negeri masih tinggi. Beberapa kebutuhan energi seperti listrik kini masih menggunakan batu bara.

 Jokowi

"Tidak hanya di dunia, di Indonesia juga orang-orang kaya, itu berasal dari pertambangan. Jadi yang hadir di sini saya pastikan orang kaya karena dari pertambanagan. Saya yakin itu," ujarnya dalam acara Indonesia Mining Award, di Hotel Ritz Carlton SCBD, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

 Baca juga: Maksimalkan Hasil Tambang di Smelter, Menko Darmin Panggil 3 Kementerian

Meskipun dianggap penting, Jokowi menitipkan pesan kepada para pengusaha batu bara. Khususnya yang berkaitan dengan kerusakan lingkungan karena eksploitasi tambang yang berlebihan.

"Saya lihat masih banyak kerusakan lingkungan akibat penggunaan Sumber Daya Alam yang begitu cepat," ucapnya.

 Baca juga: Ekspor Nikel Dilarang, Menko Luhut: Ini Bagus

Selain itu, dirinya juga meminta kepada para pengusaha batu bara untuk hati-hati dalam mengelola sumber daya alam (SDA). Karena menurutnya, Batu bara merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui.

Sehingga, menurut Jokowi, jika di eksploitasi secara terus menerus stok batu bara bisa habis. Mulai dari saat ini dirinya meminta kepada para pengusaha untuk mencari alternatif pengganti batu bara.

"Batu bara adalah tambang yang berasal dari sumber daya alam yang tidak bisa kita perbarui. Sehingga penggunaannya harus betul-betul ramah lingkungan," jelasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini