nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaji Ahok Rp3,2 Miliar, Pertamina: Hoax!

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 25 November 2019 20:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 25 320 2134350 gaji-ahok-rp3-2-miliar-pertamina-hoax-C98VhHYPvv.jpg Komut Pertamina Ahok (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok ditunjuk menjadi Komisaris Utama Pertamina menggantikan Tanri Abeng selaku Komut Pertamina saat ini. Ahok pun dikabarkan akan menerima gaji Rp 3,2 miliar per tahun.

Merespons hal itu, Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Golkar Ridwan Bae mengungkapkan bahwa dirinya tak habis pikir gaji Ahok sebesar itu. Pasalnya di tengah gaji yang besar itu, harga avtur yang dijual Pertamina sangat tinggi.

Baca Juga: Jadi Komisaris Utama Pertamina, Ahok Siap Mundur dari PDIP

"Jadi, saya ingin penjelasan dari Pertamina tentang gaji komisaris yang sangat tinggi yaitu Rp3,2 miliar. Serta, dengan harga avtur yang tinggi, sepertinya ada ketidakseimbangan. Maka itu tolong penjelasannya," ujar dia di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (25/11/2019).

Terkait hal itu, Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan bahwa gaji komisaris utama pertamina sebesar Rp3,2 miliar itu tidak benar.

ahok

"Gaji Rp3,2 miliar itu, angka yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kita juga tidak tahu dari mana angka sebesar itu. Anggap saja itu hoax ya pak," ungkap dia.

Seperti diketahui, pada tahun 2018 saja Pertamina mencatat gaji untuk manajemen kunci dan Dewan Komisaris sebesar Rp665.369.838.

Jika dibagi-bagi ke 17 personel yang termasuk ke dalam manajemen kunci dan Dewan Komisaris Pertamina, maka masing-masingnya mendapat gaji sekitar Rp39.139.402 per tahunnya. Namun begitu, Komisaris Utama umumnya memiliki gaji yang lebih besar dibanding jajaran lainnya, sehingga potensi gaji Ahok per tahunnya bisa menjadi semakin besar.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini