Kuota Solar Subsidi Jebol, Dirjen Migas Curigai Konsumsi Tak Wajar

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 26 November 2019 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 26 320 2134718 kuota-solar-subsidi-jebol-dirjen-migas-curigai-konsumsi-tak-wajar-ReT6CS3YnM.jpg Kuota Solar Subsidi Ditambah (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kuota solar subsidi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 akan habis pada akhir bulan ini. Dalam APBN sendiri, kuota solar subsidi dipatok sebanyak 14,5 juta kiloliter

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan, habisnya kuota solar subsidi sebelum waktunya ini disebabkan diduga karena adanya konsumsi yang tidak wajar oleh masyarakat. Menurutnya, ada beberapa mobil yang menyedot solar subsidi lebih dari kapasitasnya.

"Misalnya ada satu mobil terekam mengkonsumsi 700 liter. Ada yang 250 liter, ini yang mau kita tertibkan," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Baca Juga: Kuota Solar Subsidi Tahun Ini Ditambah

Oleh karena itu, dirinya akan melakukan penertiban akan kejadian serupa tak kembali terjadi. Tak tanggung-tanggung nantinya bagi yang melanggar akan ditindak secara hukum.

"Gunakan hukumlah. Kan enggak wajar. Kita sudah ada rekapnya," ucapnya.

Djoko menambahkan, pemerintah akan menambah kuota solar subsidi bagi masyarakat. Hanya saja dirinya dirinya tidak menyebutkan berapa jumlah kuota yang akan ditambah tersebut.

Baca Juga: Bos Pertamina : Kuota Solar Subsidi Habis Akhir Bulan Ini

Selain menambah kuota BBM solar subsidi, pemerintah juga akan mendorong penggunaan Biodiesel 30% alias B30. Tambahan dari B30 sebanyak 200 KL menurut Djoko cukup untuk penuhi kebutuhan masyarakat sekaligus mengakali jebolnya solar subsidi ini

"Kan Desember kita sudah ada B30. Ada tambahan, suplainya enggak masalah. Kalau melebihi kuota, kita akan melakukan pengawasan," kata Djoko.

 Tren Menurunnya Harga Minyak Mentah Dunia & Penguatan Rupiah

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini