nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuota Solar Subsidi Tahun Ini Ditambah

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 26 November 2019 17:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 26 320 2134699 kuota-solar-subsidi-tahun-ini-ditambah-OO81I6kmes.jpg Kuota Solar Subsidi Ditambah (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah akan kembali menambah kuota solar subsidi tahun ini. Hal tersebut menyusul akan habisnya kuota solar subsidi yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebanyak 14,5 juta kiloliter (KL).

Baca Juga: Bos Pertamina : Kuota Solar Subsidi Habis Akhir Bulan Ini

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, akan habisnya solar subsidi ini membuat pemerintah berencana menambah kuotanya. Pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) telah memutuska‎n untuk menambah kuota solar subsidi.

Nicke menambahkan, setelah adanya kepastian tesebut, Pertamina kembali menyalurkan solar subsidi kembali, sehingga masyarakat tak perlu khawatir lagi ada kenaikan harga solar.

Baca Juga: Pemerintah Akan Naikkan Harga Solar di 2020?

‎"Dari ESDM dan BPH Migas sudah menyampaikan ke semua pihak ditambah kuotanya. Persediaan ada saat pemerintah akan menambah kami menyalurkan lagi," ujarnya saat ditemui di Hotel Raffles, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Tren Menurunnya Harga Minyak Mentah Dunia & Penguatan Rupiah

Meskipun akan ditambah, lanjut Nicke masyarakat diminta untuk mengkonsumsi solar subsidi secara wajar. Selain itu, solar subsidi ini juga hanya diperuntukan bagi masyarakat yang mampu tidak berhak menggunkan solar subsidi.

"Kami berharap ini subsidi, subsidi pakai uang negera juga, kami harapkan pihak yang berhak menggunakan solar subsidi ini dengan volume yang wajar penggunaan yang wajar," katanya.

Sebagai informasi, ‎kuota solar bersubsidi tahun ini secara nasional sebanyak 14,5 juta kiloliter (KL) atau lebih kecil dibandingkan dengan 2018 sebanyak 15,62 juta KL dengan realisasi sebanyak 15,58 juta KL.

Sementara itu, realisasi penyaluran solar bersubsidi sampai 25 September 2019 sebanyak 11,67 juta KL atau 80,46% dari kuota. Normalnya, realisasi per 25 September 2019 seharusnya sekitar 73,42% dari kuota.

Tren Menurunnya Harga Minyak Mentah Dunia & Penguatan Rupiah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini