nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

112 Eselon III dan IV Dipindah, Sri Mulyani Sebut Bukan Hukuman tapi Hadiah

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 20:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 29 20 2136184 112-eselon-iii-dan-iv-dipindah-sri-mulyani-sebut-bukan-hukuman-tapi-hadiah-XKB9aSnIze.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Dok. Kemenkeu)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengalihkan 112 pejabat eselon III dan IV di unit Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi pejabat fungsional analis kebijakan. Hal itu sebagai upaya melakukan perampingan di tingkat eselon sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Bendahara Umum Negara itu, jabatan baru yang diberikan pada 112 pejabat tersebut bukan berarti suatu hukuman, dia menilai itu sebagai hadiah. Lantaran jabatan analis kebijakan memiliki peranan penting untuk Kemenkeu bisa menghasilkan kebijakan yang tepat.

 Baca juga: Eselon III dan IV Dirampingkan, Sri Mulyani Pastikan Gajinya Tidak Berubah

"Saya harap seluruh pejabat struktural eselon III dan IV yang menjadi analis kebijakan, anda bisa menikmati jabatan tersebut. Itu hadiah, bukan hukuman atau sesuatu yang buat syok," katanya saat melantik pejabat di lingkungan Kemenkeu, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Dia menyatakan, analis kebijakan memiliki peran melakukan formulasi untuk kebijakan keuangan Indonesia bisa semakin baik, terlebih saat ini tengah dihadapi pelemahan ekonomi global. Tak hanya berhenti di formulasi, analis juga harus mampu memastikan kebijakan yang dikeluarkan benar-benar bisa dijalankan dengan baik.

 sri mulyani

"Jadi harus detail, tidak hanya what tapi how, ini kelebihan seluruh analis kebijakan di lingkungan Kemenkeu," katanya.

Mengenai perubahan jabatan, Sri Mulyani juga meminta kepada 112 pejabat tersebut mampu beradaptasi sebagai analis kebijakan. Memahami bahwa tak lagi menjabat dalam jabatan struktural melainkan jabatan fungsional, sehingga tak lagi merasa harus dilayani.

 Baca juga: Sri Mulyani Alihkan 112 Pejabat Eselon III dan IV Kemenkeu Jadi Analis Kebijakan

"Perlu adanya perubahan mindset dari pejabat struktural ke fungsional, itu harus terus dibangun. Barangkali masih belum bisa bedakan, kemarin masuk sebagai eselon III sekarang sebagai analis. Mungkin sikapnya dan pikirannya dan hatinya belum hijrah, tapi title-nya sudah berubah," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini