nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dolar AS Tertekan Perang Dagang

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 08:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 04 278 2137698 dolar-as-tertekan-perang-dagang-ZzosuqMdCj.jpg Dolar AS Melemah (Foto: Shutterstock)

NEW YORK - Kurs dolar Amerika Serikat (AS) melemah terhadap sekeranjang mata uang utama pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat.

Kali ini dolar AS tidak bisa melawan mata uang safe haven seperti Yen Jepang dan franc Swiss karena selera investor terhadap aset-aset berrisiko berkurang setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan kesepakatan perdagangan dengan China mungkin harus menunggu sampai setelah pemilihan presiden AS pada November 2020.

Melansir Reuters, Jakarta, Rabu (4/12/2019), indeks dolar AS tergelincir 0,1% secara keseluruhan menjadi 97,738.

Baca Juga: Harga Minyak Bergerak 2 Arah karena Komentar Trump

Pernyataan mengejutkan soal perang dagang ini membuat optimisme investor kembali meredup. Trump mengatakan tidak memiliki tenggat waktu perjanjian dengan China. Hal ini memicu aksi jual di ekuitas.

Berita itu mengikuti pernyataan Trump yang mengatakan pemerintahannya akan mengenakan tarif impor logam dari Argentina dan Brasil dan kemungkinan akan mengenakan lebih banyak pada berbagai barang Perancis.

Baca Juga: Wall Street Babak Belur Imbas Pernyataan Trump soal Perang Dagang

"Ini hanyalah siklus pembicaraan perdagangan yang tidak pernah berakhir yang akan memberikan duri pada rebound pertumbuhan global yang sangat dinanti-nantikan ini," kata analis pasar senior OANDA di New York, Edward Moya.

 Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat 14 Poin

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini