nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpan RB Targetkan 2 Tahun Tak Ada Pungli dalam Perizinan

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 14:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 10 320 2140195 menpan-rb-targetkan-2-tahun-tak-ada-pungli-dalam-perizinan-8SzYCOtbn5.jpg Ilustrasi Pungli. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggelar apresiasi dan penganugerahan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2019, di Hotel Bidakara Jakarta.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, Kementerian Keuangan meraih paling banyak penganugerahan zona integritas.

Baca Juga: Jalan Rusak Paling Banyak Dilaporkan Masyarakat

"Paling banyak dapat penganugerahan, yakni Kemenkeu, dari jajaran atasan sampai tingkat bawah. Kemudian Kemenkumham, Kejaksaan, Kepolisian dan MA," ujar dia, Selasa (10/12/2019).

Tjahjo Kumolo

Dirinya mempunyai target atas penganugerahan ini, seperti seluruh instansi, lembaga baik pusat dan daerah sudah punya kualitas yang sama. Tak ada pungli dalam proses perizinan, dan proses-proses memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Baca Juga: Upaya Pemerintah Ciptakan Sistem Birokrasi Efektif dan Efisien

"Kemudian, antikorupsi yang ingin kita kembangkan. Jadi maksimum 2 tahun ke depan mudah-mudahan seluruh wilayah di negara kita," ungkap dia.

Dia menjelaskan, bahwa pihaknya ingin instansi yang melayani masyarakat, seperti perizinan, semua sudah punya kapasitas sebagai Kementerian/Lembaga yang antikorupsi, tak ada pungli.

"Semua harus terintegrasi dan terbuka. Itu aja intinya," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini