nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Sebut Ekspor RI Masih Didominasi Perusahaan Besar

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 11:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 20 320 2144171 jokowi-sebut-ekspor-ri-masih-didominasi-perusahaan-besar-9SfA3a419J.png Jokowi soal Ekspor (Foto: Instagram)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kontribusi ekspor Indonesia ini masih didominasi oleh usaha-usaha besar.

Hal ini dia sampaikan saat meresmikan acara Usaha mikro kecil menengah (UMKM) Export BRIlianPreneur 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

"Saya ngomong apa adanya, bahwa kontribusi dalam ekspor masih didominasi oleh usaha-usaha besar," kata Jokowi, Jumat (20/12/2019).

Baca Juga: Jokowi Tak Mau Pasar Indonesia Dibanjiri Produk Impor

Namun, lanjut Jokowi, tak perlu berkecil hati dengan dominasi oleh usaha-usaha besar yang ekspor. Pasalnya, dirinya optimis akan terbalik dengan dari UMKM yang akan besar.

"Ekspor usaha besar itu angkanya masih 85,6%. Didominasi perusahaan besar. Ya tak apa-apa. Artinya 14% itu oleh kontribusi UMKM," ungkap dia.

Menurut Jokowi, dengan produk-produk yang dipamerkan ini, dirinya optimis bisa menembus pasar ekspor. Apabila semua pihak konsolidasikan pasar dengan baik dan standar produk juga dibangun dengan baik.

"Sehingga betul-betul kita kampu bersaing dengan negara lain," pungkas dia.

Baca Juga: Jokowi: Saya Senang, Bahagia Sekali Produk UMKM Tak Lagi Jadul

Dia juga meminta kepada para pelaku usaha agar tidak meninggalkan pasar domestik dan terlalu konsentrasi ke ekspor, sehingga yang dalam negeri diserbu barang dari luar negeri.

"Jadi, pasar dalam negeri kita dikuasai, namun setelah itu masuk ke pasar global untuk naikkan devisa," kata Jokowi.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini