nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Pusat UMKM, Erick Thohir Minta BRI Dukung Sarinah

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 14:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 20 320 2144215 jadi-pusat-umkm-erick-thohir-minta-bri-dukung-sarinah-vNCd2Huecx.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut akan terus memperkuat usaha mikro kecil menengah (UMKM). Salah satunya sinergi antara PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dan PT Sarinah (Persero).

Hal itu disampaikan pada acara UMKM Export BRIlianPreneur 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Baca juga: Jokowi Tak Mau Pasar Indonesia Dibanjiri Produk Impor

"Jadi, nanti BRI dan Sarinah kita sinergikan, bukan membentuk anak usaha ya. BRI dapat mendukung Sarinah terkait pembiayaan atau keahlian yang sudah dimiliki BRI," ujar dia, Jumat (20/12/2019).

 Erick Thohir

Dia menuturkan Sarinah akan menjadi pusat UMKM. Apabila Sarinah sudah memperkuat bisnis dan jaringan UMKM-nya. Maka nantinya Sarinah dapat membuka outlet di berbagai bandara yang menjadi tujuan wisata seperti Bali, Labuan Bajo dan sebagainya.

 Baca juga: Le Minerale Dukung Festival Gerakan Warung Nasional

"Insya Allah nanti pertengahan tahun depan kita akan luncurkan sinergi BRI dan Sarinah pas HUT Kemerdekaan RI. Ini akan menjadi simbolik bagi yang lain juga," ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan, BRI secara aktif melakukan kegiatan pemberdayaan UMKM, rumah kreatif BUMN. Bahkan pelatihan sekitar 356.000 peserta.

 Baca juga: Kaesang Pangarep: UMKM Jangan Cuma Main di Lokal

"Hal tersebut untuk UMKM bisa naik kelas, hingga kemitraan lingkungan. Nah, ada 1,55 juta nasabah BRI yang ikut dalam kegiatan ini, seperti coaching clinic, branding, packaging. Tujuannya agar produk yang dihasilkannya berorientasi pada ekspor," pungkas dia.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini