nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UMKM Jangan Hanya Mengurus Keripik dan Batu Akik, Teten: Kapan Naiknya?

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 13:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 26 320 2146213 umkm-jangan-hanya-mengurus-keripik-dan-batu-akik-teten-kapan-naiknya-sdfKlR31wc.jpg Teten Masduki (Foto: Dok Humas Kemenkop dan UKM)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menyebut pihaknya mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo untuk menaikkan kelas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Jadi kita diminta urus desain besarnya. Seperti kita harus masuk ke jasa komoditas unggul. Apabila terus menerus UKM itu hanya keripik, batu akik dan batik, kapan naiknya? Maka itu, harus menjadi bagian industri besar," ujar dia di Gedung Smesco Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Baca Juga: Pesan Menkop UKM ke Dirut Baru Smesco, Perkuat Simpul Komersial

Kemudian, lanjut dia, Kementerian Koperasi dan UKM ini sedang membangun ekosistem perizinan, pembiayaan perbesar akses pasar dan wirausahaan supaya berkembang.

"Oleh karena itu, Smesco akan fokus sebagai center of exellence dan hubungan komersial. Kita harus dagang," ungkap dia.

Sekadar informasi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi salah satu dari empat kementerian yang disebutkan Presiden Joko Widodo sebagai ujung tombak ekonomi di Indonesia. Selain Kemenkop, ada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan.

Baca Juga: Jadi Ujung Tombak Ekonomi RI, Ini Tugas Berat Kemenkop UKM

Menurut Teten, Kemenkop menjadi ujung tombak karena perekonomian saat ini sedang menurun. Untuk itu, dirinya mendapat tugas meningkatkan perekonomian melalui produk-produk koperasi.

"Kenapa Kementerian Koperasi dan UKM ini diberikan harapan besar. Karena perekonomian sedang melambat. Jadi, sekarang negara sedang melambat tapi makan tetap perlu," ujar dia.

 Pameran Batu Akik Kemenperin

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini