Ingin Dapat Kartu Prakerja? Begini Cara Daftarnya

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 01 Januari 2020 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 01 320 2148197 ingin-dapat-kartu-prakerja-begini-cara-daftarnya-SkRxGLv8Eg.png Program Prakerja (Foto: Instagram)

JAKARTA – Bagi para pejuang yang belum mendapatkan pekerjaan, Program Kartu Prakerja mungkin menjadi angin segar. Program ini akan diuji coba pada Maret 2020 dan dijadwalkan diluncurkan pada Agustus 2020.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Baca Juga: Ini Syarat Dapat Kartu Pra Kerja

Nantinya, program kartu prakerja ini akan dibagi menjadi 9 tahapan program. Kesembilan program itu adalah:

1. Daftar di website resmi Kartu Prakerja

2. Proses seleksi online

3. Memilih lembaga pelatihan yang tersedia di platform

4. Mengikuti pelatihan

5. Mendapatkan sertifikat pelatihan

6. Memberikan rating dan ulasan

7. Mendapatkan insentif pasca pelatihan

8. Mengisi survei kebekerjaan

9. mendapatkan insentif pengisian survei

“Kriteria penerima kartu adalah Warga Negara Indonesia, minimal berusia 18 tahun, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal,” tulis Kementerian Koordinator Perekonomian lewat infografisnya di akun Instagram resminya @perekonomianri, Rabu (1/1/2020).

Baca Juga: 3 Kelompok yang Berhak Dapat Kartu Prakerja, Ini Syaratnya

Bagi para pemilik program kartu prakerja ini akan mendapatkan jenis pelatihan berupa keterampilan praktis jangka pendek yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, seperti pelatihan teknik, informasi & teknologi, pertanian, makanan & minuman, lifestyle, penjualan & pemasaran, perbankan & jasa keuangan, bahasa, perkantoran, serta industri kreatif.

“Manfaat yang akan didapat adalah berupa pelatihan dan uang transportasi insentif,” lanjut Kementerian yang di bawahi Airlangga Hartarto ini.

Sebagai informasi, anggaran yang dialokasikan untuk program kartu prakerja ini sebesar Rp10 triliun dengan tujuan mengembangkan kompetensi angkatan kerja dan meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Unggahan milik Kementerian Perekonomian sampai saat ini telah disukai sebanyak 414 kali. Berikut komentar-komentar warganet:

“Gmn caranya utk bs mengikuti program ini?” tanya akun @s*t*59.

“Info kan...bagaimana cara mendapatkan kartu prakerja,” tulis @*n*m.887.

“Web untuk mengikuti programnya apa?” komentar akun @h*n*w*rd*n*31.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini