nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konflik Iran-AS, Maskapai RI Diminta Ubah Rute Penerbangan

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 13:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 09 320 2151017 konflik-iran-as-maskapai-ri-dimintah-ubah-rute-penerbangan-mWAoQPQM6f.jpg Ilustrasi Pesawat. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghimbau maskapai penerbangan untuk mengubah rute penerbangan ke Eropa. Hal itu seiring dengan rute penerbangan tersebut melintasi daerah konflik antara Amerika Serikat (AS) dan Iran.

"Kami mengimbau memberi peringatan kepada maskapai penerbangan untuk meningkatkan kewaspadaan kalau dimungkinkan harus merubah rute. Karena ada daerah konflik di sekitar Iran dan AS," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti di Kantornya, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Baca Juga: Penumpang Turun, Kenapa Maskapai Masih Untung?

Menurut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan operator penerbangan AirNav Indonesia untuk merute ulang jalur penerbangan khususnya maskapai Garuda Indonesia agar tidak melintasi daerah konflik tersebut.

Konflik AS-Iran

"Jadi, hanya Garuda Indonesia yang terbang ke Eropa dan melewati daerah tersebut. Yang lain tidak ada. Kemarin ke Amsterdam juga sudah rerute atau mengubah rute," ungkap dia.

Baca Juga: Tarif Tol Bisa Naik, Kok Tiket Pesawat Enggak Boleh Mahal?

Dia juga menambahkan, untuk rute penerbangan ke Arab Saudi atau Mekkah sejauh ini tidak ada pengalihan rute. Pasalnya jalur penerbangan ke Arab Saudi tidak melewati daerah konflik antara AS dan Iran.

"Apabila di peta itu kan kita tidak lewat dari arah konflik dengan Arab Saudi jauh. Tidak perlu ke sana dari indonesia itu lurus aja jadi tidak perlu ke sana-sana," pungkas dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini