nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Netflix Investasi Rp13,9 Miliar untuk Perfilman Indonesia

Irene, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 18:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 09 320 2151180 netflix-investasi-rp13-9-miliar-untuk-perfilman-indonesia-fqEpu0ng8u.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Netflix berkomitmen mendukung pertumbuhan perfilman Indonesia dengan berinvestasi sebesar USD1 juta atau setara dengan Rp13,86 miliar (Rp13.860 per USD). Realisasi komitmen itu merupakan hasil kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Salah satunya melalui beberapa inisiatif, seperti mengundang insan film Indonesia untuk mengikuti program “Script to Screen” di Hollywood. Dalam program tersebut para peserta akan berinteraksi dengan tim kreatif Netflix serta anggota komunitas kreatif global lainnya.

Managing Director Netflix Asia Pacific Kuek Yu-Chuang menjelaskan, melalui inisiatif-inisiatif yang dikerjakan bersama Kemendikbud, Netflix ingin bisa berkontribusi pada pertumbuhan komunitas kreatif di Indonesia.

Baca juga: Pemburu Pajak Netflix Tak Hanya Sri Mulyani, Juga Australia dan Singapura

Pihaknya merasa tertarik dan bersemangat melihat potensi besar yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan generasi penerus industri perfilman nasional. Terlebih dengan semangat baru untuk mengembangkan dunia perfilman Indonesia dari Pemerintah. Netflix juga percaya akan ada banyak cerita hebat yang dihasilkan dari Indonesia. Sekaligus berharap cerita-cerita tersebut bisa membawa tema-tema unik mengenai Indonesia dan dapat dinikmati oleh masyarakat dunia.

"Dan cerita-cerita Indonesia ini tersedia tidak hanya untuk orang Indonesia, tapi juga untuk penonton di seluruh dunia," ujarnya, seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Kamis (9/1/2020).

Selanjutnya, Netflix juga akan membawa beberapa ahli dan mitra lainnya untuk memberikan workshop mengenai pengembangan cerita dan penulisan skenario, sekaligus pelatihan pasca-produksi di Jakarta.

Netflix

"Kami sangat berbahagia dapat mendukung pengembangan konten-konten asli Indonesia yang dapat dinikmati bukan hanya oleh orang Indonesia, tetapi juga dunia internasional," jelas Kuek.

Sebagai tahap akhir, Netflix dan Kemendikbud akan menyelenggarakan kompetisi film pendek, para pemenang kompetisi ini akan memperoleh dana untuk memproduksi film mereka. Netflix akan menyediakan hadiah uang tunai, yang bisa digunakan untuk produksi serta pengembangan hingga beberapa cerita.

"Kami sangat berharap cerita-cerita tersebut akan mengangkat tema-tema khas Indonesia yang akan disukai oleh penonton global," terang Kuek. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini