Mengenal Mi Sagu yang Sehat dan Banyak Manfaat

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 18 320 2154804 mengenal-mi-sagu-yang-sehat-dan-banyak-manfaat-zriPI586a5.jpg Kementan (Foto: Instagram)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) tengah mengembangkan produksi pangan bahan lokal. Salah satunya adalah mi sagu. Mi sagu adalah mi yang terbuat dari tepung sagu. Sagu merupakan sumber bahan makanan pokok yang banyak terdapat di Indonesia.

"SobaTani, potensi dan sumber daya pangan lokal begitu luar biasa, lho. Mintani mau berbagi info tentang sagu, yang ternyata jika diolah jadi mi, bisa menjadi pangan yang menyehatkan. #PetaniMilenial tertarik mengolah sagu, jadi mi?" tulis Kementan yang dilansir dari akun Instagramnya pada Sabtu (18/1/2020).

Baca Juga: Buah Pala Ampuh Mengobati Insomnia, Pelajari Cara Pakainya Yuk!

Berdasarkan unggahannya, mi sagu mempunyai banyak keunggulan. Bahkan, katanya mi ini lebih sehat daripada mi yang biasa beredar, loh.

Salah satu keunggulannya yaitu mi sagu mengandung resistant starch (RS). RS adalah jenis pati yang tidak bisa dihancurkan dan dicerna dalam saluran sistem pencernaan manusia.

Makanan dengan kandungan RS tengah populer di masyarakat karena RS baik bagi kesehatan usus seperti prebiotik. RS dalam mi sagu ini mampu menurunkan indeks glikemik. Kadar RS dalam mi ini kurang lebih 3 hingga 4 kali dari RS dalam mi instan dari terigu.

Baca Juga: Tips Sukses Bisnis Manisan Pala, Modal Kecil Untung Besar

Kementan menyatakan, mi sagu aman bagi penderita diabetes. Mi sagu tidak menimbulkan lonjakan kadar glukosa dalam darah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, mi sagu merupakan salah satu cara dalam mengembangkan agroindustri di Tanah Air.

"Pengembangan agroindustri dengan bahan baku pangan lokal menjadi ujung tombak peningkatan nilai tambah proses dan produk," ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini