nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya USD110,5 Miliar, Bill Gates Habiskan untuk Apa?

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 12:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 21 320 2155965 punya-usd110-5-miliar-bill-gates-habiskan-untuk-apa-DfJC6kOnZb.jpg Bill Gates. (Foto: Okezone.com/Washington Post)

JAKARTA - Bill Gates merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Forbes mencatat kekayaannya mencapai USD110,5 miliar atau setara Rp1.502 triliun (kurs Rp13.654 per USD)

Dengan kekakayaan tersebut, pendiri Microsoft ini mengaku tertantang, bagaimana cara menghabiskannya. "Hal menantang memiliki banyak uang dan Anda harus mencari tahu bagaimana menghabiskan semuanya," ujar Gates dilansir dari CNBC, Selasa (21/1/2020).

Baca Juga: Pendiri Lotte Shin Kyuk-ho Tutup Usia, Ini Kekayaannya

Gates mengaku bisa membeli hamburger yang merupakan makanan favoritnya sebanyak mungkin hingga mengenakan jas apapun. Namun, dirinya bertanya, seberapa banyak Anda mampu menghabiskan begitu besar uang tersebut.

Termasuk mengesampingkan untuk menyerahkan semua kekayaan pada anaknya, Phoebe, Rory dan Jennifer. "Ini bukan ide yang bagus untuk anak-anak Anda untuk memberi mereka semua uang. Bisa tidak produktif," ujarnya.

Baca Juga: Profil Pendiri Lotte Group, Berawal dari Permen Karet hingga Jadi Miliarder

Dengan dimikian, Gates dan Istrinya, Melinda memutuskan menggunakan uang yang dipunya untuk kegiatan amal. Mereka pun menjadi filantropi dengan mendirikan yayasan amal yaitu Bill dan Melinda Gates Foundation.

"Melinda dan saya sangat senang menjadi filantropi. Dengan membangun sebuah organisasi dan menjalankannya, maka ada keinginan untuk bekerja setiap hari," ujar.

Gates memulai yayasan berbasis di Seattle pada tahun 2000. Gates telah mengeluarkan uang sebesar USD50,1 miliar hingga 2018 untuk membantu mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesehatan, dan mengurangi kelaparan di negara-negara miskin di seluruh dunia, serta meningkatkan pendidikan di Amerika Serikat.

Gates juga ikut mendirikan organisasi Buffett The Giving Pledge, sebuah komitmen publik untuk para miliarder di mana mereka memberikan sebagian besar kekayaannya.

Menurut Bill Gates, seseorang bisa menggunakan uangnya untuk kesenangan pribadi, atau bisa juga dialihkan kekayaannya untuk anak atau keluarganya. Namun, Gates malah tidak menyerahkan warisan semuanya itu untuk ketiga anaknya yaitu Phoebe, Rory, dan Jennifer.

Menurutnya, memberikan banyak uang kepada anak-anaknya bukanlah ide yang bagus. "Memberikan anak-anak seluruh kekayaan harta kita adalah ide yang buruk," kata Gates.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini