Labuan Bajo Bisa Tumbuh 10 Kali Lipat dengan Jadi Wisata Super-Prioritas

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 320 2156035 labuan-bajo-bisa-tumbuh-10-kali-lipat-dengan-jadi-wisata-super-prioritas-xGAjG0GvF1.jpg Wisata di Labuan Bajo. (Foto: Okezone.com/Feby Novalius)

JAKARTA - Pemerintah menjadikan Labuan Bajo sebagai kawasan pariwisata prioritas pada 2020. Labuan Bajo juga masuk 5 destinasi super-prioritas atau yang disebut 5 Bali baru.

Menurut Presiden Joko Widodo, dengan dijadikannya kawasan Labuan Bajo sebagai pariwisata prioritas, bisa memberikan dampak ekonomi yang cukup besar. Bahkan dirinya memperkirakan pertumbuhan ekonomi Labuan Bajo bisa tumbuh 10 kali lipat.

Baca Juga: Pesan Jokowi untuk Masyarakat Labuan Bajo: Harus Ramah dan Jangan Buang Sampah Sembarangan

Angka tersebut bahkan bisa bertambah lagi. Mengingat saat ini pembangunan sedang digenjot oleh pemerintah di kawasan Labuan Bajo yang diprediksi bisa mendongkrak lebih tinggi lagi perekonomian lokal.

“Kalau turis semakin banyak ke sini, belanja banyak di sini, seperti tadi disampaikan oleh Pak Bupati (Manggarai Barat), pendapatan asli daerah saja meningkat sampai 1.000%, 10 kali lipat berarti, dan nanti setelah selesai (pembangunan kawasan wisata) itu enggak tahu meloncatnya akan berapa kali lipat lagi,” ujarnya mengutip dari halaman Setkab, di Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Baca Juga: Ke Labuan Bajo, Jokowi Pastikan Bandara hingga Jalan Diperbaiki

Jokowi pun mencontohkan, hotel-hotel yang ada di sekitar kawasan wisata ini tentunya membutuhkan bahan-bahan makanan. Dari sana, para petani yang nantinya akan diuntungkan karena bisa memasok langsung hasil panennya kepada hotel atau kresto yang ada di sana.

“Nanti dia akan butuh untuk makan pagi turis, berarti butuh sayur, ya kan, butuh buah, ngambilnya dari sekitar sini,” ucapnya.

Oleh karena itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta kepada masyarakat sekitar Labuan Bajo untuk bersiap diri. Jangan sampai kesempatan emas ini tidak bisa dimanfaatkan maksimal yang akhirnya daerah lain h yang menikmati pembangunan di Labuan Bajo.

“Semuanya kita harus siap, ramah terhadap wisatawan, tidak buang sampah sembarangan baik di darat maupun di laut, itu penting sekali,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini