Menkeu Ingin Indonesia dan Slovakia Terus Tumbuhkan Hubungan Investasi

Hairunnisa, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 20 2157194 menkeu-ingin-indonesia-dan-slovakia-terus-tumbuhkan-hubungan-investasi-U5kY9CGjer.jpg Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Hubungan kerjasama yang panjang dan ramah antara Indonesia dengan Slovakia sudah terjalin sejak pembetukkan hubungan diplomatik pada Januari 1993 silam. Hubungan bilateral kedua negara ini dianggap saling menguntungkan di setiap sektor seperti dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebagai wakil Pemerintah Indonesia dalam sambutannya ketika menghadiri Peringatan Hari Nasional Republik Slovakia di Dua Mutiara Ballroom Hotel JW Mariott Mega Kuningan, Jakarta pada Selasa 21 Januari 2020.

 Baca juga: Soal RUU Omnibus Law, Ombudsman: Jangan Buru-Buru

"Saya yakin bahwa masih ada ruang bagi hubungan bilateral untuk terus tumbuh. Di sektor investasi, mengingat keahlian Slovakia dalam pertanian dan pengelolaan air, kami berharap dapat melihat lebih banyak kehadiran Anda di Indonesia. Kami juga ingin memanfaatkan dan mengembangkan kerja sama dengan industri terkemuka Anda khususnya dalam teknologi informasi, otomasi, dan internet-of-things," ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengutip dari keterangan akun Facebook resmi Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Kamis (23/1/2020).

Hubungan yang berawal dari orang ke orang menjadi tulang punggung hubungan bilateral antara Indonesia dan Slovakia. Oleh karena itu, menurut Sri Mulyani perlu ditingkatkan lebih banyak lagi interaksi anatar negara dalam bentuk pendidikan contohnya.

 Baca juga: Omnibus Law Sektor UMKM, Ini 7 Keuntungannya

"Dengan cara pertukaran dosen dan mahasiswa, mengalokasikan lebih banyak beasiswa, dan mengembangkan skema pelatihan kejuruan," ungkapnya.

Dirinya percaya, hubungan ini akan berlanjut sampai ke konstribusi pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu prioritas Pemerintah Indonesia. Sri Mulyani senang karena mengetahui bahwa siswa Slovakia berpartisipasi dalam program Darmasiswa atau Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia dan berharap mereka dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mengatasi jarak geografis antar kedua negara.

 Baca juga: Kemenko Perekonomian Tegaskan Draft RUU Cipta Lapangan Kerja Tidak Pernah Disebarluaskan

"Mereka pasti akan mendorong kerja sama bilateral kita lebih jauh ke depan. Sebagai catatan terakhir, mari kita bekerja bersama untuk kesejahteraan kedua bangsa dan bangsa kita," pungkasnya.

Sekadar informasi, Republik Slovakia adalah negara yang terletak pada daratan di bagian timur Eropa Tengah. Wilayah Slovakia mencakup sekitar 49.000 kilometer persegi (19.000 mil persegi) dan sebagian besar pegunungan. Slovakia adalah negara dengan ekonomi maju berpenghasilan tinggi dan Indeks Pembangunan Manusia yang sangat tinggi. Slovakia juga merupakan anggota Daerah Schengen, NATO, PBB, OECD, WTO, CERN, OSCE, Dewan Eropa dan Grup Visegrád.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini