nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MEDC, TPIA dan INDY Terdepak dari Indeks LQ45

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 16:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 27 278 2159013 medc-tpia-dan-indy-terdepak-dari-indeks-lq45-CrESSspcR1.jpg IHSG (Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan, ada tiga saham baru yang masuk dalam daftar kelompok 45 saham untuk perhintungan indeks LQ45. Tiga saham tersebut untuk periode Februari hingga Juli 2020.

BEI mengatakan, ketentuan ini berdasarkan hasil evaluasi atas metodologi indeks LQ45. BEI telah melakukan Evaluasi Mayor untuk menetapkan daftar saham pada Januari 2020.

 Baca juga: Tips Mencermati Laporan Keuangan Emiten

”Terlampir kami sampaikan daftar saham yang masuk dan keluar untuk perhitungan Indeks LQ45 periode perdagangan Februari sampai dengan April 2020 dan jumlah saham yang digunakan dalam penghitungan Indeks LQ45 untuk periode perdagangan Februari sampai dengan April 2020," ujar Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI Irvan Susandy dalam keterangannya, Jakarta, Senin (27/1/2020).

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah melakukan evaluasi atas metodologi Indeks LQ45. Pada bulan Januari 2020 ini telah dilakukan Evaluasi Mayor guna menetapkan daftar saham dan menyesuaikan bobot atas saham-saham yang digunakan dalam perhitungan Indeks LQ45.

 Baca juga: Turun 42%, BEI Cermati Pergerakan Saham ENVY

Adapun tiga saham baru itu, yakni PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Sementara saham yang keluar dari perhitungan indeks LQ45 yaitu PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA).

Seperti diketahui, LQ 45 adalah indeks pasar saham untuk Bursa Efek Indonesia (BEI) yang terdiri dari 45 perusahaan yang memenuhi kriteria tertentu.

 Baca juga: IHSG Hari Ini Diprediksi Masih Melemah

Adapun kriteria tertentunya adalah termasuk dalam top 60 perusahaan dengan kapitalisasi pasar tertinggi dalam 12 bulan terakhir, termasuk dalam top 60 perusahaan dengan nilai transaksi tertinggi di pasar reguler dalam 12 bulan terakhir.

Selain itu, telah dicatatkan di Bursa Efek Indonesia selama minimal 3 bulan. Serta, memiliki kondisi keuangan yang baik, prospek pertumbuhan dan nilai transaksi yang tinggi dan frekuensi .

Indeks LQ 45 dihitung setiap enam bulan oleh divisi penelitian dan pengembangan Bursa Efek Indonesia.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini