nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peserta CPNS Bisa Langsung Mengetahui Nilai Tes SKD

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 10:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 320 2158771 peserta-cpns-bisa-langsung-mengetahui-nilai-tes-skd-ssl7a4viFj.jpg Peserta CPNS di BKN (Foto: Okezone.com/Taufik)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar tes Seleksi Kompetensi Dasar bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hari ini. Di mana ada 32.000 peserta yang ikut pada tes SKD berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT).

Baca Juga: Hari Pertama Tes SKD, Peserta CPNS Banjiri BKN

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengungkapkan, hasil tes SKD yang dikerjakan oleh peserta CPNS ini sudah bisa diketahui langsung hari ini juga. Hal itu memungkinkan karena sistem penilaian langsung terpantau dari layar yang dipasang BKN secara digital.

"Jadi bisa langsung kelihatan nilainya tersebut. Nah mereka sudah tahu hasil SKD-nya," ujar Bima di kantornya Jakarta, Senin (27/1/2020).

Baca Juga: BKN Sebut Ada 32 Ribu Peserta CPNS yang Ikuti Ujian SKD

Namun, lanjut dia, untuk mengetahui lolos tidaknya peserta yang mengikuti tes SKD hari ini, peserta CPNS tersebut harus menunggu beberapa waktu. Pasalnya, pengumuman resmi akan disampaikan jika kementerian atau instansi terkait telah memverifikasi nilai-nilai mereka secara keseluruhan.

"Cek ulang nilai hasil tes SKD wajib dilakukan untuk menghindari keselahan di masa mendatang," ungkap dia.

 CPNS

Dia menambahkan, ada 100 soal pada tes SKD kali ini. Di mana soal-soal tersebut harus diselesaikan selama 90 menit yang terdiri atas Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"KemudianTes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Dan masing-masing jenis tes memiliki passing grade atau batas minimal angka yang bisa lolos," kata dia.

Secara total, tutur dia peserta CPNS kali ini BKN membuka 522 instansi yang akan mengikuti ujian SKD di 34 provinsi. "Khusus untuk hari ini, ada 42 instansi yang sudah mulai, terdiri dari 19 instansi pusat dan 23 instansi daerah," katanya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini