nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Beberkan Modal Kuat Hadapi Perekonomian 2020

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 18:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 29 20 2160254 sri-mulyani-beberkan-modal-kuat-hadapi-perekonomian-2020-zNWN3068iV.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA – Demi menyongsong Tahun 2020, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan beberapa hal yang harus dilakukan dalam menyikapi ketidakpastian ekonomi.

Salah satunya ialah menurunkan suku bunga guna menghadapi pelemahan ekonomi. Kebijakan ini juga dilakukan oleh beberapa negara yang masih memiliki ruang fiskal, termasuk Indonesia. Walau begitu, tetap ada keterbatasan, khususnya dari penerimaan pajak.

“Tahun 2020 Indonesia akan mendapatkan situasi berulang di mana harga lifting dan nilai tukar akan memberikan down side risk terhadap pertumbuhan perpajakan,” ungkap Menkeu Sri Mulyani melalui akun Instagram resminya @smindrawati, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Hal ini dilakukan agar belanja dapat didorong sehingga ekonomi Indonesia tidak mengalami tekanan.

Selanjutnya langkah untuk menghadapi 2020, Menkeu memaparkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) akan lebih adaptif merespons dinamika perekonomian. Pewujudannya dapat berupa dengan tetap mendukung capaian sasaran pembanguan.

“Dengan fundamental perekonomian yang baik selama tahun 2019 dan tren perbaikan yang mulai tampak, akan menjadi modal kuat dalam menghadapi tahun 2020,” lanjut Sri Mulyani.

Guna memperkuat ketahanan dan daya saing perekonomian Indonesia tahun 2020, Pemerintah Indonesia akan terus melakukan reformasi di berbagai aspek.

Sebelumnya Menkeu Sri Mulyani juga mengungkapkan, jika tahun 2019 bukanlah tahun yang mudah dalam masalah ekonomi. Walau demikian, Indonesia masih dapat bertahan di angka 5,1%.

“Ketahanan ekonomi disebabkan karena kemampuan kita menjaga sumber pertumbuhan domestik, meskipun kita juga harus sangat waspada karena investasi mengalami penurunan,” imbuh Sri Mulyani.

Unggahan Menkeu Sri Mulyani mengenai hasil Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi XI DPR tentang APBN 2019 dan Outlook Perekonomian tahun 2020 telah disukai sebanyak 2.415 kali dan dikomentari sebanyak 23 kali. Berikut komentar-komentar warganet:

“😍😍😍Alhamdulillah Ibuku, semoga selalu diberikan keaehatan dan umur panjang, selalu dalam lindungan Allah, dalam menjalankan amanah menjaga uang Negara. Aamiin YRA,” komentar akun @sr*rh*6*.

“👍😊💗💕��❤️Semoga sukses selalu bu Sri Mulyani Indrawati. Amiin,” tulis @*nw*r_g*lz*_.

“Menkeu paling keren, bukan Menkeu abal2 atau Menkeu wannabe ❤️😁,” kata @m*t**y_k*rm*t.

“Senangny td ketemu ibu 😊😊,” imbuh akun @m*lly*r*st*.

“Cantik sekali Ibu 😍,” puji akun @l*l*k_h*r*y*t*.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini