nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Siap Terangi PON Papua

Irene, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 15:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 29 320 2160150 3-pembangkit-listrik-tenaga-mesin-gas-siap-terangi-pon-papua-v8vWAxF4Nr.jpg Persiapan PLN Listriki PON Papua. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) siap melistriki penyelenggaraan Pekan OIahraga Nasional (PON) Papua tahun ini. Hal tersebut usai meraih Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk 3 Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG).

Ketiga Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) tersebut antara lain PLTMG Jayapura Peaker 40 Mega Watt (MW) yang sudah mendapatkan SLO untuk kelima mesinnya, PLTMG Biak 15 MW yang memperoleh SLO untuk satu dari dua mesinnya dengan kapasitas 8,5 MW. Selain itu juga ada PLTMG Merauke 20 MW juga telah mendapatkan SLO untuk kedua mesinnya.

Baca Juga: PON Papua, Pembangunan 4 Proyek Gedung Olahraga Lebih Cepat

Selain mendukung pelaksanaan PON XX Papua, beroperasinya PLTMG ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasio elektrifikasi di Papua dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Jayapura, Merauke, dan Biak. Proyek ini merupakan bagian dari program 35.000 MW yang telah dicanangkan pemerintah sejak beberapa tahun lalu dan hingga saat ini telah berjalan sesuai rencana.

Baca Juga: Seperti B30, Kini PLTU Uji Coba Campuran Palet Kayu

“Kami berharap beroperasinya PLTMG ini dapat meningkatkan rasio elektrifikasi di Papua dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Jayapura, Merauke, dan Biak. Apalagi Papua sebagai tuan rumah PON XX 2020 tentunya membutuhkan pasokan listrik yang besar dan andal,” ujar General Manager PLN UIP Papua Reisal Rimtahi Hasoloan, dilansir dari unggahan Instagram resmi PLN, Rabu (29/1/2020)

Sebagai informasi, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) merupakan jenis pembangkit yang menggunakan bahan bakar dual fuel, yaitu LNG (liquid natural gas) dan BBM (bahan bakar minyak).

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini