nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Virus Korona, Kapal China Masuk RI Langsung di Karantina

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 20:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 03 320 2162776 cegah-virus-korona-kapal-china-masuk-ri-langsung-di-karantina-9vqildppyL.jpg Kapal (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah terus melakukan antisipasi untuk cegah penyebaran virus korona dari Kota Wuhan, China. Di mana pada sektor transportasi penundaan sementara penerbangan dari dan ke China pun telah dilakukan.

Selain penerbangan, sektor transportasi laut juga telah menyiapkan beberapa antisipasi untuk pencegahan penyebaran virus korona.

Baca Juga: Penerbangan ke China Dihentikan Mulai 5 Februari, Bagaimana Tiket yang Sudah Dibeli?

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H Purnomo mengungkapkan seluruh kapal yang telah berlayar dari China menuju Indonesia akan langsung di karantina.

"Di laut sudah ada Standar Operasional Prosedur (SOP) bahwa kapal-kapal dari atau singgah dari China ini semua akan di karantina di labuh jangkar," ujar dia di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Baca Juga: Stop Sementara Penerbangan ke China, Menhub Tawarkan Rute Baru

Dia menuturkan, kapal-kapal yang di karantina nantinya akan ditempatkan di pelabuhan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Setelah itu akan ada tim karantina yang bertugas memeriksa kru kapal.

"Apabila ada yang dicurigai akan dikirim ke rumah sakit sesuai rekomendasi, sudah ada SOP-nya. Jadi, kapal yang akan datang atau singgah dari China diperiksa di labuh jangkar yang ditetapkan di laut," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk menunda penerbangan ke China sampai waktu yang belum ditentukan. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus Korona ke Indonesia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini