Share

Tes SKD CPNS, BKN Temukan Jimat Dililit Perban Milik Peserta

Fabbiola Irawan, Okezone · Kamis 06 Februari 2020 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 320 2164120 tes-skd-cpns-bkn-temukan-jimat-dililit-perban-milik-peserta-1kZ5Z68OCf.jpg SKD CPNS (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 sudah berjalan dalam sepekan ini. Guna melaksanakan SKD, para peserta haruslah mentaati peraturan yang telah diberikan oleh panitia.

Peraturan-peraturan itu antara lain ialah dilarang membawa gawai, earphone, headset, gelang, kalung, anting, perhiasan, dompet, hingga jam tangan. Tidak hanya itu, peserta juga tidak diperbolehkan memakai atau membawa jimat.

Baca juga: Lantik 116 PNS, Mensesneg: Mari Ciptakan Lompatan Besar

Namun, ternyata masih saja ada yang mempercayakan atau menggantungkan nasibnya kepada benda yang dipercaya akan mendatangkan keajaiban itu.

“Aih... aih... masih ada aja ya yg percaya sama Jimat. Sedih hati mimin kalo tahu ada Peserta SKD #CPNS2019 yang nggak percaya diri begini,” ungkap Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun Twitter resminya @BKNgoid, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

 Jimat peserta CPNS

BKN menemukan jimat milik salah satu peserta SKD. Jimat itu berbentuk persegi panjang serta dililitkan oleh perban, kemudian disangkutkan ke tali berwarna putih.

Baca juga: Peserta SKD CPNS Ada yang Keliru Bawa Kartu Ujian, BKN: Jangan Sampai Salah

Melihat masih adanya penggunaan jimat pada pelaksanaan SKD, BKN menghimbau para peserta untuk percaya pada diri sendiri saja dan tidak bergantung kepada jimat.

“Yuk persiapkan diri dengan baik, yakin dan percaya pada kemampuan diri. Kamu Pasti Bisa !!! #TheNewEpicBattle #ASNKiniBeda,” lanjut BKN.

Baca juga: Kenapa Peserta CPNS Dilarang Bawa Jimat? Ini Jawabannya

Sebelumnya Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Paryono juga kerap kali menghimbau para peserta SKD untuk tidak membawa jimat ke tempat tes. Oleh karena itu, panitia akan melakukan pengecekan dengan metal detector dan secara manual guna mencegah hal tersebut.

"Penggunaan jimat pun dilarang dalam pelaksanaan SKD CPNS," tukasnya kepada Okezone, Rabu (5/2/2020).

Cuitan BKN mengenai penemuan jimat dalam tes SKD ini telah di-retweet sebanyak 86 kali, disukai 428 kali, dan dibalas sebanyak 168 kali. Berikut cuplikan balasan warganet:

“apasih hubungan jimat dengan twk,tiu,tkp?? Memang jin itu pernah lulus cpns apa?,” ungkap akun @sndrth*.

“Jimat terbaik adalah doa orang tua,” imbuh @z*lg*_w*.

“Jimat terbaik adalah tahajjud,” komentar @t*rp*k*l.

“Itu masker antivirus coronoa min,” tulis akun @*S_k*p*P*h*t.

“Jin nya suruh ngerjain soal TIU, mantap kali. Kenapa ga les sama jin aja,” kata @S*lv*k*rt*k*s*.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini