nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buka Online Shop, Pelajari Dulu Prosedur Transaksi dengan Benar

Hairunnisa, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 21:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 07 320 2165049 buka-online-shop-pelajari-dulu-prosedur-transaksi-dengan-benar-wmlQYrGhjT.jpg Belanja Online. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Online Shop atau yang sering disebut olshop merupakan website yang digunakan untuk menjual produk kebutuhan sehari-hari melalui internet. Perkembangan olshop Indonesia pun sudah cukup pesat.

Dimulai dari diskon yang menggiurkan, biaya yang lebih murah, proses pembelian di mana saja dan kapan saja, serta proses pembayaran yang lebih mudah, membuat orang-orang lebih beralih berbelanja melalui internet dibandingkan berbelanja secara langsung. Olshop di Indonesia sendiri sudah banyak yang berupa aplikasi.

Baca Juga: Fasih Berbahasa Asing? Cobalah Mulai Bisnis Sampingan sebagai Penerjemah Ekspres

Produk yang dijual di olshop bermacam-macam, seperti perlengkapan pakaian, makanan, sayuran, tempat makan, makanan hewan, sepeda, alat-alat rumah tangga, dll. Dimulai dari barang baru hingga barang bekas.

Mengutip dari buku Panduan Praktis Buka Usaha Dengan Modal Laptop karya Yudhy Wicaksono, Sabtu (8/2/2020), menjelaskan olshop menampilkan produk dalam bentuk katalog. Untuk menjadi pembeli, toko online umumnya memberi syarat pada calon konsumen untuk mendaftar sebagai member dengan mendaftarkan email mereka.

Konsumen yang sudah terdaftar sebagai member selanjutnya dapat memesan produk. Setelah itu, konsumen membayar produk yang dibeli menggunakan kartu kredit atau melalui transfer bank.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Buruk Ini Penghancur Karier

Selanjutnya proses pengiriman barang kepada konsumen. Cara pengiriman sebuah produk sangat tergantung pada jenisnya, apakah produk fisik atau produk digital.

Pertama, untuk produk fisik biasanya dikirimkan ke alamat konsumen melalul Layanan pos atau jasa kurir. Kedua, produk digital dengan ukuran file yang relatif kecil dapat Anda kirimkan melalui email. Pengiriman produk digital dengan ukuran file yang besar, dapat menyimpannya dalam media CD/DVD untuk kemudian dikirimkan ke alamat konsumen menggunakan layanan pos atau jasa kurir.

Selain itu, sebelum membuka olshop pengusaha harus memliki keahlian yang dibutuhkan yaitu komunikasi yang terjalin antara pengusaha dengan konsumen tidak hanya melalui fasilitas telepon, namun juga melalui layanan email atau chatting. Agar hubungan dengan konsumen dapat terasa akrab, perlu memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa lisan maupun tertulis.

Selanjutnya, harus memiliki kemampuan operasional untuk mengelola online shop. Jika pengusaha masih sangat awam dengan pengelolaan ini, tidak ada salahnya jika mencoba membeli suatu produk secara online.

Dengan cara seperti ini, pengusaha dapat belajar secara tidak langsung tentang semua prosedur transaksi pembelian toko online, mulai dari pemesanan hingga produk yang dibeli benar-benar sampat di tangan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini