nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jasa Marga Targetkan JORR II Beroperasi Juni Tahun Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 18:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 07 320 2165081 jasa-marga-targetkan-jorr-ii-beroperasi-juni-tahun-ini-uYXFObAkJi.jpg Ilustrasi Jalan Tol. (Foto: Okezone.com/Jasa Marga)

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus mengebut pengerjaan jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II alias tol lingkar luar Jakarta. Jalan tol ini ditargetkan bisa beroperasi bertahap pada tahun ini.

Coorporate Secertary PT Jasa Marga (Persero) Mohamad Agus Setiawan mengatakan, ruas tol JORR II ditargetkan paling lambat akhir semester I-2019. Saat ini, baru ruas Tol Kunciran-Cengkarang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Trans Jawa Sudah Tersambung, Jasa Marga Akan Fokus Tol JORR II

"Tahun ini JORR II ruas Cinere-Serpong. Fokusnya di JORR II yang sebetulnya Japek Elevated sudah diresmikan tapi belum dikenakan tarif," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Menurut Agus, ruas Tol Cinere-Serpong merupakan paling akhir selesai karena ditargetkan bisa rampung pada akhir semester ini dan bisa segera diresmikan Presiden Jokowi. Adapun ruas jalan tol ini adalah sepanjang 10,14 kilometer (Km).

Baca Juga: Ban Bocor Akibat Jalan Jelek di Tol, Silahkan Ajukan Klaim ke Pengelola!

"Kalau untuk Cinere-Serpong Semester I akhir. Sama satu lagi Serpong-Kunciran. Yang kemarin sudah diresmikan itu kan Kunciran-Cengkareng," jelasnya.

Agus berharap agar jalan tol ini bisa menyambung seluruhnya, karena memudahkan mobilitas dari pengguna jalan. Misalnya dari jalan Tol Jagorawi ingin langsung ke Bandara bisa melalui Tol JORR tanpa masuk tol dalam kota. Begitu pun bagi pengendara dari Bekasi yang ingin menuju Bandara bisa langsung menggunakan jalan tol ini tanpa perlu bayar dua kali.

"Kita memang berharap JORR II ini bisa menyambung. Jadi kalau kita lihat di Jagorawi ke arah barat sampai Bandara, itu yang pertama ada Trans Lingkar Kertajaya. Jadi ruasnya Jagorawi-Cengkareng. Kemudian Cinere-Serpong, Serpong-Kunciran, terakhir Kunciran-Cengkareng. Masih di akhir semester ini lah selambat-lambatnya," jelasnya.

Sebagai informasi, Jalan tol JORR II ini memiliki panjang 110,4 kilometer dan dibangun sejak 2012 lalu. Adapun rinciannya adalah Cengkareng–Kunciran sepanjang 14,2 kilometer. Kemudian Kunciran–Serpong sepanjang 11,14 kilometer. Lalu Serpong–Cinere sepanjang 10,14 kilometer.

Selanjutnya ada Cinere–Jagorawi sepanjang 14,7 kilometer, kemudian Cimanggis–Cibitung sepanjang 25,21 kilometer. Dan terakhir adalah Cibitung-Cilincing sepanjang 34,01 kilometer.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini