nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarif Tiga Tol Jasa Marga Bakal Naik Tahun Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 18:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 07 320 2165083 tarif-tiga-tol-jasa-marga-bakal-naik-tahun-ini-XCK3qbga04.jpg Tarif Jalan Tol Naik. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bakal melakukan penyesuaian tarif tol tahun ini. Penyesuaian dilakukan pada tiga ruas tol.

Coorporate Secertary PT Jasa Marga (Persero) Mohamad Agus Setiawan mengatakan, ketiga ruas tol terebut, dua di antaranya jalan Tol Trans Jawa yakni Palimanan-Kanci dan Gempol-Surabaya. Sedangkan satu lagi ada di Surabaya yakni Belawan-Medan- Tanjung Morawat.

Baca Juga: Jasa Marga Targetkan JORR II Beroperasi Juni Tahun Ini

"Jadi yang saya konfirm ke Pak Bagus (Dirut Jasamarga Transjawa) yang sudah diusulkan oleh Jasa Marga itu ada tiga," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Menurut Agus, ketiga ruas tol sudah diusulkan untuk dilakukan penyesuaian sejak jauh-jauh hari. Saat ini, perseroan tinggal menunggu kapan keputusan tersebut bisa segera dikeluarkan dan disetujui oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Sudah kita usulkan nanti pemerintah mengevaluasi. Mengenai kapannya, BPJT sedang melakukan evaluasi," ucapnya.

Meskipun begitu, lanjut Agus, dirinya masih belum mengetahui kapan keputusan tersebut bisa dikeluarkan. Termasuk berapa besaran tarif baru untuk ketiga ruas tol.

Baca Juga: Trans Jawa Sudah Tersambung, Jasa Marga Akan Fokus Tol JORR II

"Menunggu dari pemerintah mengeluarkan Kepmen. Prosesnnya sudah di sana. Biasanya kalau gitu sudah jauh-jauh hari sih agar punya waktu pemerintah melakukan evaluasi. Prosesnya beda-beda," ucapnya.

Menurut Agus, penyesuaian tarif ini meruapakan sesuatu yang lumrah dilakukan. Bahkan penyesuaian tarif ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah yang menyebutkan penyesuaian tarif dilakukan setiap dua tahun sekali menyesuaikan inflasi.

Adapun Penyesuaian tarif tersebut tertuang dalam pasal 48 ayat 3 Undang-Undang (UU) nomor 38 tahun 2004 tentang Jalan dan pasal 68 ayat 1 dan Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang jalan tol yang mana tarifnya disesuaikan dengan inflasi.

"Jasa Marga itu punya 33 ruas, artinya memang penyesuaian sesuai ketentuan itu kan akan dilakukan dan diusulkan oleh Jasa Marga kepada pemerintah setiap periode waktunya. Jadi ada yang diusulkan di tahun ganjil kemudian diusulkan di tahun genap," jelasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini