nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hubungkan Balikpapan-Samarinda, Pembangunan Jembatan Pulang Balang II Capai 71%

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 16:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 09 320 2165729 hubungkan-balikpapan-samarinda-pembangunan-jembatan-pulang-balang-ii-capai-71-JUg4Cwy2pJ.jpg Ilustrasi Jembatan (Okezone)

JAKARTA - Jembatan Pulang Balang II sedang dikerjakan untuk menyambungkan Balikpapan ke Samarinda. Hingga saat ini, proses pembangunan sudah mencapai 71%.

Infastruktur dasar seperti konektivitas merupakan tahapan awal yang harus dilakukan dalam pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan. Selain berguna untuk menunjang keberlangsungan kehidupan masyarakat setempat, konektivitas dapat mendukung kelancaran dan percepatan pembangunan-pembangunan infrastruktur selanjutnya.

 Baca juga: Tarif Tiga Tol Jasa Marga Bakal Naik Tahun Ini

Jembatan Pulang Balang II memiliki beberapa fungsi yaitu memperlancar konektivitas antara Samarinda, Balikpapan dengan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, meningkatkan konektivitas pada Lintas Selatan Kalimantan sebagai jalur utama angkutan logistik karena jarak dan waktu tempuh menjadi lebih singkat. Di mana, jarak semula 100 km dengan waktu tempuh 5 jam akan menjadi lebih pendek sekitar 30 km dan perjalanan dapat disingkat hanya dalam waktu satu jam.

Jembatan Pulang Balang II (PUPR)

Selain itu, jembatan tersebut mendukung rencana pengembangan pelabuhan peti kemas dan kawasan industri Kariangau.

 Baca juga: Jasa Marga Targetkan JORR II Beroperasi Juni Tahun Ini

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) berfungsi untuk mendukung konektivitas pembangunan Ibu Kota Negara yakni melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara yang menjadi salah satu Kabupaten selain Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai kawan calon IKN, memangkas biaya logistik barang dan jasa serta waktu tempuh antara Balikpapan-Samarinda dari sekitar 3 jam menjadi 1 jam, dan menjadi akses penghubungan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan yang dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit dengan melewai Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan yang hanya berjarak sekitar 8km dari bandara.

Jalan Tol ini terdiri dari 5 seksi yaitu Seksi 1 Balikpapan-Samboja sepanjang 22,03 Km, Seksi II Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,98 Km, Seksi III Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,50 Km, Seksi IV Palaran-Samarinsa sepanjang 17,95 Km, dan Seksi V Balikpapan-Sepinggan sepanjang11,09 Km.

Baca juga: Ban Bocor Akibat Jalan Jelek di Tol, Silahkan Ajukan Klaim ke Pengelola!

Proses pembangunan Jalan Tol Balsam sudah mencapai 97%. Direncanakan akan ada pembangunan Jalan Tol Balikpapan menuju kawasan IKN.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini