nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Rasa yang Enak, Ini yang Buat Bisnis Kue dan Roti Laris Manis

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 21:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 09 320 2165799 selain-rasa-yang-enak-ini-yang-buat-bisnis-kue-dan-roti-laris-manis-RPl32QIOsl.jpg Roti (Okezone)

JAKARTA - Kamu pernah melihat antrean panjang untuk mendapatkan donat di sebuah toko donat yang baru saja dibuka di mal? Toko kue yang selalu ramai menjadi idaman bagi pemiliki usaha yang ingin menjual kuenya dengan membuka sebuah toko.

Aneka toko kue dan roti makin beragam jenisnya, mulai dari toko khusu roti, donat, kue tradisional, dan aneka jenis toko kue lainnya. Umumnya toko kue yang ramai dikunjungi pembeli adalah toko kue yang enak.

Mengutip dari buku 'Cara Awal Buka Usaha Roti Kue' karya Wulan Ayodya, Jakarta, Minggu (9/2/2020), tetapi dengan rasa yang enak saja belum tentu toko kue akan didatangi banyak pengunjung. Berikut kriteria toko kue yang ramai dikunjungi, antara lain :

 Baca juga: Ingin Bisnis Kedai Kopi? Ini Perhitungannya

1. Rasa kue yang enak

Usaha menjual roti dan kue yang laris rata-rata memiliki rasa kue yang enak dan disukai. Kualitas rasa menjadi persyaratan utama yang harus dimiliki pengusaha.

Jika ingin membuka toko kue dengan resep andalan kamu, usahakan untuk membagi-bagikan kue pada kenalan atau lingkungan terdekat dengan menanyakan komentar mereka. Bila kue tersebut enak menurut banyak orang, kamu bisa mengandalkan resep itu untuk dijual.

Apabila kue buatan kamu hanya enak menurut diri sendiri tapi kurang enak menurut banyak orang, usahakan untuk membuat rasa sesuai selera umum. Kamu bisa membandingkan kue buatanmu dengan kue yang dijual di toko yang laris.

 Baca juga: Ingin Jadi Pengusaha Harus Punya 7 Sifat Dasar Ini

Rasa kue tidak harus sama dengan pesaing, kamu bisa membuatnya berbeda dengan rasa yang disukai. Dalam hal ini, kamu harus peka terhadap kualitas rasa.

2. Harga yang terjangkau

Rasa kue dan roti yang disukai akan membuat banyak orang ingin membelinya, tetapi jika dijual dengan harga mahal akan mengurangi jumlah pembeli yang datang. Walaupun rasa kue sangat diminati, pembeli yang datang akan semakin sedikit.

Karena pembeli hanya memiliki uang terbatas meras sayang jika menghabiskan uang untuk membeli kue yang mahal. Akibatnya, mereka akan membeli pada pesaing terdekat.

Apalagi bila pesaing tersebut membuat kue dengan rasa yang tidak terlalu berbeda, dan menjualnya dengan harga yang lebih murah. Tetapi perlu diingat jika kamu mematok harga lebih terjangkau, jumlah pembeli yang membeli akan lebih banyak.

 Baca juga: Buka Usaha Kuliner, Jangan Lupa Izin dari Institusi Kesehatan

3. Lokasi yang strategis

Kalau membandingkan toko kue dan roti yang berlokasi di pusat perbelanjaan yang ramai dan toko kue di daerah perumahan tentunya pengunjungnya akan berbeda. Meskipun kualitas roti dan kue jualannya setara, sudah dapat diprediksi jumlah pengunjung di pusat perbelanjaan akan lebih ramai daripada di perumahan biasa.

Toko kue di pusat perbelanjaan akan lebih banyak didatangi pembeli yang memang ingin membeli kue atau yang awalnya tidak ada niat membeli tetapi berubah pikiran karena melihat display kue yang menarik. Sedangkan toko kue yang terletak di daerah perumahan, pengunjung yang memang berniat membeli dan jarang terjadi pembeli hanya datang untuk melihat-lihat saja.

Lokasi toko kue di perumahan juga bisa mendatangkan banyak pembeli, dengan roti dan kue yang dijual enak sekali dan susah ditiru.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini