Share

Ingin Rumah Terlihat Luas? Coba Gunakan Rak Gantung

Hairunnisa, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 09 470 2165637 ingin-rumah-terlihat-luas-coba-gunakan-rak-gantung-aFmFohnGCk.jpg Dekorasi Ruangan (Thespruce)

JAKARTA - Ruangan yang tidak terlalu besar terkadang akan membuat penghuni rumah merasa sedikit kesulitan untuk menatanya sehingga perlu lebih cermat dalam penentuan perabot dan penataannya. Penggunaan perabot yang berukuran besar akan membuat ruangan bertambah sempit dan kurang nyaman.

Solusi yang bisa dilakukan adalah menggunakan perabot dengan fungsi ganda serta menghindari dinding pemisah ruang berukuran besar. Sebagai alternatif, dapat pula digunakan perabot penyimpanan barang berupa wall storage atau yang biasa disebut dengan rak gantung.

 Baca juga: Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Bambu Laminasi, Apa Itu?

Mengutip dari buku 30 Desain Rak Gantung untuk Rumah Mungil karya karya Tedi Supriyadi Hidayat, Abbul Haris Farikhin, Andri Gunawan, Minggu (9/2/2020) menjelaskan, rak gantung dan barang yang disimpan di dalamnya dapat dikreasikan sedemikian rupa sehingga sekaligus menjadi penghias ruangan.

 Dekorasi

Sebutan rak gantung muncul karena posisinya menggantung atau menempel pada dinding. Rak gantung tidak memiliki kaki-kaki sehingga tidak bertumpu pada lantai.

 Baca juga: Cara Desain Rumah dengan Lahan Sempit

Kesan luas muncul karena area di bawah rak menjadi lebih lega dengan ketiadaan kaki-kaki tersebut. Misalnya membeli rak gantung yang di tempel di dinding.

Model rak gantung sangat variatif tergantung dari selera pemilik rumah. Sementara itu, bahan materialnya bisa menggunakan kayu olahan, besi, atau kaca.

Pilihan material sangat tergantung budget yang dimiliki. Setiap bahan material yang digunakan mempunyai kelebihan masing-masing sesuai dengan fungsi dan penempatannya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini