nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Korona Menyebar, Erick Thohir: Kita Harus Waspada dan Bukan Menakut-nakuti

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 18:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 10 320 2166287 virus-korona-menyebar-erick-thohir-kita-harus-waspada-dan-bukan-menakut-nakuti-UJfR3gPgTE.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah mengencangkan sabuk pengaman mengantisipasi penyebaran wabah virus corona. Wabah ini pun mengancam perekonomian negara.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Presiden Jokowi akan menggelar rapat terbatas pencegahan dampak lebih besar virus corona bagi perekonomian Indonesia. Nantinya akan dibahas dan dicarikan solusi tentang kemungkinan jika wabah virus corona tak juga berhenti.

Baca Juga: Erick Thohir Mau Pangkas Jumlah BUMN Jadi 100 Perusahaan

"Besok Presiden minta Ratas seluruh menteri hadir. Salah satunya yang dibahas bukan ini saja. Tapi bagaimana antisipasi resesi global ekonomi bila virus corona tidak bisa berhenti untuk makan obat berbulan-bulan," ujarnya, di Jakarta, Senin (10/2/2020)

Menurut Erick, dampak virus corona pada roda perekonomian sudah terlihat nyata. Salah satu contohnya perekonomian di China semakin turun. Adanya virus corona membuat ekspor China merosot.

Baca Juga: Loto Srinaita Ginting, Anak Buah Sri Mulyani yang 'Dibajak' Erick Thohir

Bahkan banyak negara enggan menerima impor barang dari China, khususnya yang berkaitan dari impor hewan hidup

Dampak virus corona ini mulai terasa pada Indonesia. Jumlah wisatawan dari beberapa negara yang masuk ke Indonesia kini menurun imbas penyebaran virus corona yang begitu cepat.

Khusus wisatawan China, bahkan Indonesia sudah mensetop sementara penerbangan dari dan menuju China. Di bandara pun pengawasan terhadap turis-turis asing juga diperketat pemeriksaannya.

Selain dari sisi wisatawan, penyebaran virus korona juga bisa berdampak pada investasi yang masuk. Hal tersebut menyusul dibatasinya jumlah tenaga asing yang masuk ke Indonesia khususnya yang berasal dari China.

Oleh karena itu, perlu upaya cepat untuk mengantisipasi dampak penyebaran virus tersebut. Khusus di perusahaan plat merah, Erick sudah merapatkan barisan agar perusahaan BUMN tidak terkena dampaknya.

"Kita harus siap, waspada, bukan menakut-nakuti. Sebab kita sudah lihat dampak Singapura sekarang. Sebab itu saya ingin bapak, ibu di BUMN, tolong saling koordinasi dengan Pelindo, Angkasa Pura, Garuda, tolong bantu," ucap Erick.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini