nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OJK Bakal Temui Nasabah Jiwasraya Hari Ini

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 08:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 12 320 2167098 ojk-bakal-temui-nasabah-jiwasraya-hari-ini-1hhyHxRncg.jpg OJK. Foto: Okezone

JAKARTA - Jajaran pimpinan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan bertemu nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Gedung Soemitro Djojohadikusumo Jakarta hari ini. Bersarakan jadwal OJK yang diterima Okezone, Selasa (12/2/2020), jajaran pimpinan OJK bersedia memenuhi permohonan audiensi untuk 20 perwakilan dari Forum Korban Gagal Bayar Asuransi Jiwasraya.

Beberapa waktu lalu, nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mendatangi kantor OJK dan Kemenkeu namun harus memupuk kekecewaan. Lantaran, tidak juga mendapatkan kepastian terkait pengembalian dana mereka.

Baca Juga:  Tuntut Kepastian hingga Tunggu Persetujuan DPR, Bagaimana Akhir Kasus Jiwasraya?

Para nasabah mengaku datang ke OJK karena diundang oleh pihak Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK, sayangnya mereka tidak bertemu dengan orang yang mengundang. Bahkan, tidak bertemu tidak bertemu langsung dengan Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank Riswinandi, sebagai pengawas langsung industri asuransi.

Sekedar diketahui, kasus gagal bayar Jiwasraya berawal dari dana hasil hasil penjualan produk asuransi JS Saving Plan digunakan untuk berinvestasi di saham gorengan. Alhasil, bukan keuntungan yang didapat melainkan tekanan likuiditas terjadi di perusahaan pelat merah itu.

Baca Juga: Benny Tjokro dan Heru Hidayat Dijerat TPPU Terkait Kasus Jiwasraya

Para nasabah Jiwasraya pun menuntut untuk pemerintah bisa memberikan kepastian pembayaran kembali dana mereka, tak terkecuali pada Kementerian Keuangan sebagai pemegang saham Jiwasraya. Hingga Januari 2020 klaim polis jatuh tempo mencapai Rp16 triliun.

Kejaksaan Agung pun telah menetapkan enam tersangka dalam kasus tersebut, tiga di antaranya mantan petinggi Jiwasraya yakni mantan Direktur Utama Hendrisman Rahim, Mantan Kepala Investasi dan Divisi Keuangan Jiwasraya Syahmirwan, dan mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo.

Kemudian tersangka lainnya dari pihak swasta yakni Komisaris PT Hanson Tradisional Benny Tjokrosaputro, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat, dan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini