Ada Virus Korona, Maskapai Diminta Manfaatkan Slot Penerbangan Kosong

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 13 320 2167748 ada-virus-korona-maskapai-diminta-manfaatkan-slot-penerbangan-kosong-8n7bOqVfUH.jpg Pesawat (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Dampak dari wabah virus korona corona virus (Covid-19) mulai terasa bagi Indonesia dengan menurunnya jumlah wisatawan dan penumpang pesawat. Apalagi setelah pemerintah menghentikan sementara penerbangan dari dan menuju China.

Baca Juga: 47 Orang Positif Korona, Pemerintah Belum Berencana Tutup Penerbangan ke Singapura

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kusubandio mengatakan, untuk mengatasi dampak tersebut, pihak maskapai diharapkan bisa segera mengisi kekosongan slot penerbangan di sejumlah bandara tanah air. Hal ini dilakukan agar pihak maskapai tidak terlalu merugi dengan larangan penerbangan terkait wabah virus korona.

“Semua orang terdampak karena masalah ini. Kita sama-sama mendengarkan, menerima masukan dan mencari solusi. Bagaimana kita dapat melihat opportunity ke depan," ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Kamis (13/2/2020)..

Baca Juga: Imbas Virus Korona, Bakal Ada Insentif untuk Penerbangan

Wishnutama mengatakan pemerintah akan memberikan stimulan berupa insentif yang diberikan kepada maskapai yang mengisi slot kosong penerbangan di sejumlah bandara tanah air. Misalnya dengan bantuan promosi berupa bundled package.

Dalam paket tersebut nantinya terdiri dari penerbangan, akomodasi, dan atraksi dengan harga yang kompetitif, bekerja sama dengan Online Travel Agent (OTA) dan juga Travel Agent/Tour Operator (TA/TO). Selain itu juga memberikan bantuan promosi dengan skema joint promotion.

“Kami diminta Presiden untuk memberi solusi terhadap dampak virus corona ini. Kami juga sudah berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan untuk menyelesaikan masalah ini,” jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini