Kunci Sukses Berbisnis Suvenir, Tidak Perlu Malu dan Segan

Hairunnisa, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 13 320 2168022 kunci-sukses-berbisnis-suvenir-tidak-perlu-malu-dan-segan-F2W9zArsS3.JPG Peluang Usaha dengan Berbisnis Suvenir. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bisnis suvenir dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang cemerlang. Suvenir tak ada matinya karena akan ada orang yang membelinya.

Biasanya orang membeli suvenir sebagai oleh-oleh untuk orang yang dikasihinya. Usaha berjualan suvenir sebenarnya hampir sama dengan menjual pernak-pernik, namun yang berbeda adalah cara pembuatan dan distribusi penjualnya. Target pembeli antara usaha pernak-pernik dengan suvenir pun berbeda.

Baca Juga: Modal Rp14 Juta, Ini Peluang Usaha Menjanjikan bagi Ibu Rumah Tangga

Suvenir biasanya juga dibuat untuk momen tertentu, seperti acara pernikahan dan ulang tahun. Maka dari itulah banyak diperlukan suvenir.

Seperti dikutip dari buku ‘101++ Ide Jitu Peluang Usaha’ karya Tim Gemini Writer yang terbit pada 2008, Minggu (16/2/2020), suvenir yang dibuat bisa ditambahkan sentuhan pribadi dengan dicetak, sablon, bordir nama orang yang sedang ulang tahun, menikah, atau almamater sekolah.

Adapun pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan bila tertarik menjalankan bisnis suvenir yaitu harus mengetahui info tempat penjualan suvenir atau handycraft, mulai dari sederhana hingga unik, murah hingga mahal dengan sentuhan pribadi.

Baca Juga: Mau Mulai Usaha Ayam Bumbu Kemasan? Begini Hitung-hitungan Modalnya

Mereka juga harus mengetahui tempat kursus handycraft. Tingkatkan kemampuan menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan event organizer yang sering mengadakan acara gathering, seminar, atau product launching.

Untuk menjalankan bisnis ini, modal yang diperlukan yaitu satu ruangan khusus di rumah atau bisa menyewa paviliun kecil sebagai galeri aneka sovernir yang ditawarkan, lemari dan rak-rak kaca untuk memajang sovernir, dan katalog produk.

Sisihkan dana untuk mengikuti kursus membuat sovernir sehingga produksi kita lebih bernilai seni, dapat mengikuti keinginan pelanggan, dan harganya bisa dikendalikan sendiri.

Agar sukses menjalankan usaha ini, batasi penjualan sovernir pada satu jenis saja jika modal terbatas. Jangan malu dan segan untuk terus belajar dan mengembangkan ide atau kreasi dalam berbisnis ini.

Selain itu janganlah terpaku pada sovernir buatan lokal, bisa cari info dan jenis sovernir yang bisa dibeli via internet. Jika ingin membeli sovernir dalam jumlah sangat banyak (grosir), berikan sentuhan pribadi kita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini