nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tes CPNS Kementerian ESDM: Jangan Percaya Iming-Iming dari Luar

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 14:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 16 320 2169218 tes-cpns-kementerian-esdm-jangan-percaya-iming-iming-dari-luar-0PLuLF8A7X.png Kepala Biro SDM Kementerian ESDM Upik Jamil. (Foto: Okezone.com/Dok. ESDM)

JAKARTA - Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali mengingatkan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tidak percaya dengan iming-iming yang menjanjikan dapat membantu diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan memberikan sejumlah uang atau imbalan.

"Fokuslah mengerjakan soal-soal yang ada agar mendapatkan hasil yang baik. Saya akan memberikan tiga kiat untuk mendapatkan hasil yang baik, pertama, sebelum memulai tarik nafas dulu sambil terpejam membayangkan orang tua anda sambil berdoa, mudah-mudahan dengan ini, orang tua anda akan mengiringi anda dengan doa," ujar Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian ESDM Upik Jamil, dalam keterangannya, Minggu (16/2/2020).

Baca Juga: Fakta di Balik Perjuangan Peserta SKD CPNS, Ini Rangkuman Ceritanya

Kiat kedua, Anda harus yakin dan bisa menjawab soal-soal tersebut. “Kalau nanti Anda lihat dilayar hasil Anda kurang memuaskan jangan putus asa, masih ada kesempatan manfaatkan semua kesempatan itu, pesan saya jangan putus asa," lanjut Upik.

Dan kita ketiga, jangan percaya iming-iming yang ada di luar. “Jangan pernah percaya, ini yang ada di dalam ruangan ini adalah putra-putri terbaik yang yakin akan kemampuannya," tambah Upik.

Baca Juga: BKN: Pelamar CPNS 2019 Naik 11%

Sementara itu, Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Arizal mengatakan, seluruh proses seleksi sudah sangat transparan sehingga kemampuan diri masing-masinh yang menentukan bukan orang lain.

"Jangan lagi mendengar isu di luar yang mengatakan dapat membantu dengan cara yang salah, seleksi CAT ini adalah seleksi yang sangat transparan, apapun adalah hasil adik-adik sendiri. Fokuslah mengerjakan soal-soal yang diberikan, passing grade sudah kita sesuaikan agar dapat dicapai," ujar Arizal.

Dengan sistem rekruitment yang transparan, maka didapatkan sumber daya manusia (SDM) yang terbaik dan berkualitas, karena proses yang baik akan menghasilkan SDM yang baik dan ini akan menentukan nasib bangsa Indonesia ke depan.

"Direkrut dengan cara yang baik, dibina dengan cara yang baik, maka akan menghasilkan calon pemimpin yang baik ke depan seperti harapan Pak Presiden kita, SDM ke depan, SDM yang berkualitas yang memiliki daya saing, salah satu caranya melalui proses mencari SDM melalui proses CAT ini," tutur Arizal.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini