Gaji Rp5 Juta, Ini Kiat Mengelola Keinginan dan Kebutuhan

Irene, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 320 2169228 gaji-rp5-juta-ini-kiat-mengelola-keinginan-dan-kebutuhan-x5IwKSiOV4.jpeg Tips Mengelola Keuangan (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Punya gaji sebesar Rp5 juta memang cukup besar, apabila digunakan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran penting. Kalau harga barang yang diinginkan agak mahal, biasanya akan terpikir untuk kredit atau mencicil dengan bunga.

Pikiran seperti ini dalam pandangan umum sepertinya tidak masalah, namun akan membawa masalah besar pada keuangan kamu. Bagi kamu yang mempunyai gaji Rp5 juta sebulan, awalnya merasa senang menerima gaji tersebut.

Baca Juga: Lebih Baik Beli atau Sewa Mobil? Ini yang Harus Dicermati!

Mengutip dari buku 'Bisa Saving, Tapi Tetap Shopping' karya John Afifi, Minggu (16/2/2020), gaya hidup boros dan konsumtif, lama-kelamaaan mulai merasa kurang dengan gaji sebesar itu. Dan tuntutan untuk memperoleh gaji yang lebih tinggi.

Kita tetapi boleh menuntut gaji yang lebih tinggi karena harga kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Secara psikologis, kecenderungan seseorang tatkala gajinya sebesar Rp5 juta per bulan adalah mulai berpikir pengeluaran dan ingin beli macam-macam. Apa yang belum dimiliki, ingin dibeli.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Butuh Investasi

Apa yang sudah ada, mau diupgrade lebih bagus dengan harga yang lebih tinggi. Ini berakibat menjadi sumber pemborosan. Apabila gaji kamu naik, maka secara otomatis pengeluaran juga naik.

Sebenarnya, kenaikan gaji tidak selalu berbarengan dengan meningkatnya kebutuhan hidup. Peningkatan gaya hidup yang menyebabkan meningkatnya pengeluaran.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini