Ini Alasan Kenapa Kamu Butuh Investasi

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 09 320 2165657 ini-alasan-kenapa-kamu-butuh-investasi-Eiude2e28n.jpg Investasi (Shutterstock)

JAKARTA - Setiap pendapatan yang kita terima harus dialokasikan untuk tabungan dan investasi. Ketidakpastian di masa mendatang membuat investasi menjadi hal yang harus kita lakukan.

Mengutip dari buku '#YukBelajarSaham untuk Pemula' karya Komunitas Investor Saham Pemula (ISP), Jakarta, Minggu (9/2/2020), dengan investasi yang tepat, maka akan dapat membantu memecahkan permasalahan ekonomi masa datang. Dengan investasi, kita akan mendapat imbal hasil dari modal yang kita tanam.

 Baca juga: Punya Gaji Miliaran Rupiah? Harus Lebih Banyak Menabung

Sangat wajar jika setiap manusia menginginkan hidup yang lebih baik dari segi finansial atau ekonomi. Misalnya kamu telah memiliki motor, dan ingin memiliki mobil. Di sinilah sebenarnya keinginan bisa menjadi salah satu alasan mengapa kita membutuhkan investasi.

Perlu diketahui, jika keinginan seperti ini dapat kita penuhi dengan berinvestasi, bukan menghilangkan dana menganggur untuk mendapatkan hal-hal tidak berguna. Di sisi lain, adanya kenaikan harga secara terus menerus mengakibatkan penghasilanmu tidak akan dapat memenuhi semua kebutuhan.

 Baca juga: Tips Sederhana Membuat Anggaran Keuangan

Mungkin kamu pernah merasa bahwa penghasilan kamu saat ini belum cukup untuk memenuhi semua kebutuhan walaupun sebenarnya penghasilan kamu telah naik dibandingkan sebelumnya. Kenaikan harga mengakibatkan penghasilan kamu tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Melalui investasi, kamu akan mendapatkan penghasilan melalui imbal hasil dari invedtasi itu sendiri, sehingga nantinya penghasilan pokok ditambah imbal hasil dari investasi kamu sehingga dapat mengimbangi keinaikan harga barang-barang yang terjadi dari tahun ke tahun. Dari masalah ini menjadi alasan mengapa investasi dibutuhkan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa akan selalu ada berbagai pendapat berbeda terkait investasi itu erupkan keinginan atau kebutuhan. Ada tipe orang yang sekadar ingin berinvestasi namun kendalanya adalah masih merasa berat untuk menyisihkan sebagaian uangnya untuk berinvestasi.

Ada juga sebagian orang yang memang membutuhkan investasi karena beragam alasan finansial yang melatarbelakanginya. Jadi manakah tipemu? Jika kamu sudah sadar dengan ketidakpastian masa depan dan adanya inflasi, maka investasi akan lebih tepat dikatakan sebagai kebutuhan setiap manusia,

Tanpa berinvestasi, maka uang kamu akan diam di tempat, tidak akan tumbuh dan nilainya akan tergerus inflasi dari tahun ke tahun.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini