Tips Sederhana Membuat Anggaran Keuangan

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 26 320 2158461 tips-sederhana-membuat-anggaran-keuangan-kcU2PM7eGG.jpg Tips Mengelola Keuangan (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Terkadang orang bingung mengapa uangnya tiba-tiba habis. Maka dari itu, buatlah perencanaan anggaran keuangan, khususnya untuk generasi milenial.

Dengan membuat anggaran, keuangan pun terkontrol dengan baik. Selain itu, hal ini dapat mengurangi seseorang dari membeli sesuatu yang sebenarnya tak diperlukan.

Baca Juga: Tips Kelola Keuangan untuk 2020, Investasi dan Jangan Lupa Berbagi

Membuat anggaran tidak sulit. Yang harus dilakukan adalah menyisihkan waktu untuk membuat perencanaan pemasukan dan pengeluaran bulanan.

Seperti dikutip dari buku 'Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi' karya Herlina P. Dewi yang terbit pada 2015, Jakarta, Minggu (26/1/2020), ikuti langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyusun anggaran keuangan.

Baca Juga: 10 Cara Manajemen Keuangan Ala Miliarder agar Makin Kaya Raya

Caranya yaitu dengan menentukan target keuangan. Membuat target yaitu dengan menentukan pengeluaran untuk kebutuhan dan pengeluaran tak terduga. Buatlah target dengan realistis agar lebih bersemangat untuk mencapai resolusi keuangan.

Ada beberapa macam target yang berkaitan dengan masalah keuangan. Macam-macam target tersebut adalah target jangka pendek, target jangka menengah, dan target jangka panjang.

Pertama, target jangka pendek adalah target yang akan dicapai dalam waktu kurang dari satu tahun. Contohnya seperti melunasi utang kartu kredit.

Lalu target jangka menengah adalah target yang dicapai dalam waktu dua hingga 5 tahun yang akan datang. Contohnya seperti membayar uang muka (DP) rumah.

Sedangkan target jangka panjang adalah target yang dicapai dalam waktu lebih dari lima tahun. Contohnya yaitu dana untuk membuka usaha sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini