nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditopang Menguatnya Data Ekonomi AS, Dolar Capai Level Tertinggi

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 07:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 20 278 2171243 ditopang-menguatnya-data-ekonomi-as-dolar-capai-level-tertinggi-JOtTnvD81D.jpg Dolar AS Menguat (Foto: Okezone.com/Reuters)

NEW YORK - Kurs dolar Amerika Serikat (AS) menguat mendekati level tertinggi terhadap sekeranjang mata uang lainnya. Indeks dolar AS terhadap enam mata uang utama naik 0,24%.

Menguatnya dolar ditopang positifnya data ekonomi AS yang kuat mendukung keinginan Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga, setelah menurunkannya sebanyak tiga kali pada 2019.

Baca Juga: Capai Level Tertinggi, Dolar AS Kian Perkasa terhadap Euro

"China sedang mencoba meningkatkan beberapa stimulus untuk mengimbangi beberapa dampak ekonomi negatif dari masalah yang terjadi dengan coronavirus," kata Pedagang Valas Senior Silicon Valley Bank Minh Trang, dilansir dari Reuters, Kamis (20/2/2020).

Sementara itu, yen merosot ke level terendah karena penurunan jumlah kasus virus corona di China dan lebih banyak stimulus kebijakan yang mendorong minat investor untuk mengambil investasi yang lebih berisiko.

Baca Juga: Dolar AS Anjlok atas Euro ke Level Terendahnya dalam 3 Tahun Terakhir

Terhadap yen Jepang, dolar naik 0,96% menjadi 110,91 atau tertinggi sejak Mei. Kekhawatiran tentang ekonomi Jepang yang melemah juga membebani yen.

Selain itu, euro yang sebelumnya turun kembali naik di atas USD1,08. Namun masih diperdagangkan turun sedikit terhadap greenback.

Sterling tergelincir kembali di bawah USF1,30, mengabaikan data yang menunjukkan lonjakan tak terduga dalam inflasi Inggris.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini