nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Insentif Maskapai Masih Tunggu Persetujuan Presiden

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 18:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 21 320 2172263 insentif-maskapai-masih-tunggu-persetujuan-presiden-juM2NRFkFC.jpeg Avtur (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut pemerintah menyiapkan insentif kepada maskapai penerbangan. Hal itu sebagai tindak lanjut dari wabah penyebaran virus korona yang berimbas pada kunjungan jumlah wisatawan.

"Ya untuk bagian insentif sudah final. Kami juga akan lapor Presiden Jokowi pada pekan depan. Tinggal tunggu persetujuan Presiden Jokowi," ujar dia di kantornya, Jumat (21/2/2020).

Baca Juga: Fakta-Fakta Pemerintah Siapkan 'Obat' Penangkal Virus Korona untuk Maskapai

Menurut dia, salah satu bentuk insentif yang akan dibahas oleh pemerintah adalah penurunan harga avtur pesawat untuk maskapai.

"Pembahasan ini akan dilakukan bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri ESDM Arifin Tasrif. Diturunkannya harga avtur diproyeksi mampu menekan harga tiket pesawat,” imbuhnya.

Baca Juga: Rampung Pekan Depan, Hitung-hitungan Insentif untuk Maskapai Dilaporkan ke Jokowi

Sebelumnya, Pemerintah tengah menyiapkan insentif khusus untuk maskapai penerbangan. Saat ini insentif sedang digodok dengan melibatkan stakeholder dan tiga Kementerian yakni Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penghitungan pemberian insentif akan rampung paling lambat pada awal pekan depan. Setelah itu, barulah hasil hitungan tersebut akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Akhir Minggu ini atau awal Minggu depan difinalkan. Baru kami laporkan ke Presiden (hari Selasa)," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini