Dampak Covid-19, Menhub: Ada Kemungkinan Harga Avtur Turun

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 21 320 2172301 dampak-covid-19-menhub-ada-kemungkinan-harga-avtur-turun-bYuQqpsSEa.jpeg Avtur (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah tengah mengkaji insentif-insentif yang bisa diberikan kepada maskapai yang terdampak virus korona sejak awal tahun. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, salah satu bentuk insentif yang akan dibahas oleh pemerintah adalah penurunan harga avtur pesawat untuk maskapai.

Menurutnya, turunnya harga avtur mampu menekan harga tiket pesawat.

 Baca Juga: Fakta-Fakta Pemerintah Siapkan 'Obat' Penangkal Virus Korona untuk Maskapai

"Kami dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri ESDM Arifin Tasrif akan bahas hal itu. Dan kalau ada diskon yang dilakukan penerbangan dengan menurunkan avtur maka itu akan lebih maksimal," ujar dia di kantornya, Jumat (21/2/2020).

Namun, lanjut dia, pihaknya belum bisa mendetail berapa rekomendasi besaran penurunan avtur yang saat ini hanya disediakan oleh PT Pertamina (Persero).

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, Kemenhub bersama Kemenko bidang Perekonomian, harga avtur akan mampu menurunkan harga tiket pesawat hingga 20%.

Baca Juga: Rampung Pekan Depan, Hitung-hitungan Insentif untuk Maskapai Dilaporkan ke Jokowi

"Paling tidak ada suatu relaksasi bisa turun 15 sampai 20%," ungkap dia.

Dia juga berharap dengan pemberian insentif dan penurunan harga tiket diharapkan mampu memperbaiki kondisi transportasi udara yang terdampak akibat virus korona.

"Kalau harga avtur lebih kompetitif, lebih baik, maka perusahaan maskapai penerbangan bisa turunkan harga," tandas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini