Tiket Pesawat Bakal Diskon 40% untuk Tangkal Virus Korona, Begini Penjelasannya

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 20:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 320 2173514 tiket-pesawat-bakal-diskon-40-untuk-tangkal-virus-korona-begini-penjelasannya-ntmnsCDxhN.jpg Budi Karya Sumadi (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, pemerintah akan memberikan insentif pada masakapai penerbangan untuk mendorong pemberian diskon tarif tiket pesawat. Hal ini diharapkan mendorong penurunan tiket pesawat hingga 40%.

"(Insentif) Diberikan kepada penerbangan supaya dia bisa mendiskon tarif tiket (pesawat)," ujarnya ketika ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (24/2/2020).

 Baca juga: Harga Bahan Bakar Pesawat Anjlok Imbas 200 Ribu Penerbangan Dibatalkan

Dia menjelaskan ada tiga insentif yang diberikan oleh pemerintah kepada maskapai yang berasal dari PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Pertamina (Persero). Nantinya ketiganya bakal dijadikan dalam satu insentif khusus.

Dia bilang insentif itu akan mendorong penurunan tarif tiket pesawat 30% hingga 40% yang hanya berlaku untuk 10 destinasi pariwisata. Tiga diantaranya yakni Bali, Bintan, hingga Manado.

 Baca juga; Insentif Maskapai Masih Tunggu Persetujuan Presiden

"Jadi ini berlaku tiga bulan," katanya.

Meski demikian, Budi Karya menyatakan periode pemberian diskon ini masih bersifat opsional. Artinya, memungkinkan untuk diberlakukan lebih dari tiga bulan. Hal itu akan di evaluasi apabila dampak virus korona (covid-19) masih terus terjadi.

 Baca juga: Insentif Maskapai Masih Tunggu Persetujuan Presiden

"Iya tentunya demikian (diperpanjang)," imbuhnya.

Dia menyatakan, pemberian insentif ini akan lebih dulu dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang kabinet, sebelum akhirnya diputuskan kapan diberlakukan. "Ini akan dikonsultasikan ke Presiden besok atau lusa ya," kata Budi Karya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini