Right Issue, Bank Banten Cari Modal Rp1,2 Triliun

Rasyid Ridho , Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 28 278 2175715 right-issue-bank-banten-cari-modal-rp1-2-triliun-ajaOjhsyhy.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

SERANG – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) pada tahun ini akan memperkuat modal dengan melaksanakan Penawaran Umum Terbatas (PUT) dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau Right Issue.

Bank yang mempunyai nama emiten BEKS telah mendapatkan persetujuan Right Issue setelah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dihadiri oleh pemegang saham mewakili 67,57% dari seluruh jumlah saham yaitu 64.109.430.357 lembar.

Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa mengatakan, berdasarkan persetujuan jumlah maksimum saham baru yang akan diterbitkan sebanyak-banyaknya sebesar 400 miliar lembar saham atau setara dengan 40% dari modal dasar dengan nilai nominal Rp8,- per lembar saham.

Baca Juga: Transaksi Nontunai Baru 14%, Infrastruktur BPD Perlu Ditingkatkan

“Kami sudah mendapatkan izin dari Pemegang Saham untuk melakukan Aksi Korporasi. Sehingga nantinya struktur modal Perseroan akan meningkat sebanyak-banyaknya Rp3,2 triliun,” kata Fahmi kepada wartawan.

Penerbitan saham baru tersebut akan melalui dua tahapan, yaitu PUT VI dan PUT VII yang akan dilaksanakan setelah efektifnya Pernyataan Pendaftaran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan selambatnya dalam kurun waktu 12 bulan sejak keputusan RUPSLB ditetapkan.

“Tujuan utama dilakukannya aksi korporasi guna meningkatkan modal inti perseroan. Sehingga penguatan modal tersebut nantinya akan digunakan oleh Perseroan untuk melakukan pengembangan bisnis Bank Banten," ujar Fahmi.

Baca Juga: Wih! 8 Bank Pembangunan Daerah Kompak Terapkan Transaksi Nontunai

Ditambahkan Fahmi, pengembangan bisnis Bank Banten ke depan akan dilakukan pada sektor penyaluran kredit serta penguatan struktur keuangan sesuai dengan ketentuan Perbankan. "Kami sangat senang saham Bank Banten akan bisa dimiliki oleh masyarakat Banten," ucapnya.

Komisaris Utama Bank Banten Mediawarman menambahkan, pada jangka pendek ini Bank Banten merencanakan pada bulan April 2020 right issue sebesar 500 miliar. Kemudian pada bulan Desember 2020 akan right issue 700 miliar.

"Total untuk penambahan modal tahun ini 1,2 triliun modal inti yang sesuai dengan ketentuan OJK bisa dipenuhi," kata Mediawarman.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini