nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Basuki Minta Rehabilitasi Sekolah Dilengkapi Fasilitas Lapangan hingga Tempat Cuci Tangan

Irene, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 13:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 02 320 2176811 menteri-basuki-minta-rehabilitasi-sekolah-dilengkapi-fasilitas-lapangan-hingga-tempat-cuci-tangan-hJRVbgh0SB.jpg Pembangunan dan Rehabilitasi Sekolah. (Foto: Okezone.com/Dok. Kementerian PUPR)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan percepatan pembangunan dan rehabilitasi sebanyak 10.000 sekolah dan madrasah di seluruh Indonesia pada 2019-2024. Dalam pengerjaannya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta standar pekerjaan rehabilitasi dan renovasi sekolah harus dilengkapi fasilitas lapangan olahraga, toilet yang baik termasuk tempat cuci tangan serta penataan lansekap atau taman.

“Mudah-mudahan standar bangunan dan kelengkapannya ini bisa diteruskan ke sekolah-sekolah lain. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik," ujar Menteri Basuki, dalam keterangan Kementerian PUPR, Senin (2/3/2020).

Baca Juga: Menteri Basuki Ajak KKJTJ Awasi Kualitas Pembangunan Jembatan Gantung

Pekerjaan rehabilitasi sekolah dan madrasah dilakukan Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (Pusat PSPPOP), Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Baca Juga: 9 Fakta Basuki 'Daendels' RI, Menteri yang Dapat Bonus dari Jokowi

Di tahun 2019, sebanyak 1.679 sekolah (SD, SMP, dan SMU) dan 179 madrasah (Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah) telah dilakukan program rehabilitasi dan renovasi sekolah. Di Provinsi Papua Barat, Kementerian PUPR telah merehabilitasi dan merenovasi sebanyak 68 sekolah dan 7 madrasah yang tersebar di 10 kota/kabupaten.

Rehabilitasi ini bertujuan agar para siswa nantinya dapat menuntut ilmu dengan baik. Rehabilitasi dilakukan rata-rata dengan membangun kembali bangunan sekolah dan meningkatkan fasilitas pendukung seperti ruang guru, toilet, dan perpustakaan.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini