Panic Buying, Pengusaha Ritel: Kami Siap Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 320 2177271 panic-buying-pengusaha-ritel-kami-siap-memenuhi-kebutuhan-masyarakat-kn2C9lhc5x.jpg Perusahaan Ritel. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) buka suara terkait panic buying atau kekhawatiran pembelian barang dalam kondisi tertentu yang dilakukan masyarakat. Hal ini usai diumumkannya dua warga negara indonesia (WNI) yang positif virus korona.

Ketua Umum Aprindo Roy Mandey mengatakan, masyarakat tidak perlu melakukan panic buying. Sebab kebutuhan baik pangan ataupun kebutuhan lainnya masih tersedia.

Baca Juga: Asosiasi Pengusaha Ritel Minta Masyarakat Tenang dan Tidak Perlu Panic Buying

“Anggota peritel Aprindo selalu siap untuk hadir dan cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan maupun non pangan bagi masyarakat di seluruh Indonesia,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (3/3/2020).

Menurut Roy, tindakan berlebihan justru akan menimbulkan kepanikan lain. Padahal seluruh kebutuhan masyarakat tetap dapat terpenuhi hingga saat ini.

Baca Juga: 8 Perusahaan Ritel Dibayangi Kerugian Besar Akibat Virus Korona

“Dikarenakan tindakan yang over atau berlebihan ini justru membuat kepanikan baru lainnya yang tidak perlu terjadi, disaat sebenarnya seluruh kebutuhan masyarakat tetap dapat terpenuhi dan tercukupi dengan baik,” kata Roy

Menurut Roy, yang terpenting dari kasus wabah virus korona adalah bagaimana bisa menjaga kesehatan. Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak cepat terpengaruh oleh kabar hoax maupun berita yang tidak terpercaya yang di viralkan oleh oknum.

Roy juga meminta agar peritel anggota Aprindo terus dan tetap melayani kebutuhan masyarakat. Di sisi lain, meminta pelaku usaha ritel untuk mengambil tindakan atau kebijakan yang dianggap perlu untuk memastikan bahwa kebutuhan masyarakat dapat terlayani dengan cukup dan baik.

“Tetapi hanya percaya dan mengikuti berita yang disampaikan oleh Kementerian dan Lembaga Pemerintah, yang secara langsung disiarkan melalui jaringan media & televisi terpercaya dan kompeten ke seluruh wilayah Indonesia,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini