Menko Luhut: Tol Laut Ditambah Jadi 26 Trayek

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 320 2178739 menko-luhut-tol-laut-ditambah-jadi-26-trayek-fvcfp90DhK.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Okezone)

JAKARTA - Tol laut dinilai sangat bermanfaat bagi Indonesia. Oleh sebab itu, trayek tol laut akan ditambah jadi 26.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan usai ratas mengutip dari setkab, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

 Baca juga: Disentil Jokowi tentang Tol Laut, Ini Kata Menko Luhut

Selain itu, dari manfaat yang banyak, dirinya mengatakan akan memberikan insentif untuk proyek tol laut. ”Kemudian yang kedua akan diberikan tax allowance, tax holiday lebih panjang kepada industri-industri yang dibangun di Indonesia timur untuk memenuhi kebutuhan Indonesia timur. Sehingga bisa jangan terlalu banyak dari Jawa diangkut ke sana lagi karena cost,” kata Menko Luhut.

Lebih lanjut, Menko Marves menyampaikan bahwa Presiden sudah memutuskan tax allowance sama tax holiday akan diberikan tadi kepada industri-industri yang dibangun di Indonesia timur.

 Baca juga: Tekan Biaya Logistik, Presiden Jokowi Guyur Insentif Rp400 Miliar

”Sehingga dengan demikian mengurangi juga pengiriman barang dari Indonesia barat. Tahun ini subsidi untuk itu dikeluarkan kira-kira Rp400-an miliar untuk memberikan subsidi tadi,” ujarnya.

Menurut Menko Luhut, subsidinya ini tidak hanya dari port ke port tapi juga sampai kepada penerima.

 Baca juga: Masih Minim, Jokowi Sebut Kontribusi Tol Laut bagi Perekonomian Cuma 0,3%

”Nah yang ketiga, yang keempat, nanti yang menjadi agen melakukan distribusi barang ini tidak hanya satu, kita paling tidak 2 atau 3, sehingga dengan demikian tidak ada nanti monopoli oleh satu perusahaan,” pungkas Luhut akhiri pernyataan kepada pers.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini